Resume Materi Perangkat Keras Komputer Joy Stick
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Interaksi
manusia dengan komputer adalah merupakan
suatu aktivitas yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari,terutama di
zaman yang penuh dengan teknologi saat ini. Pada saat ini komputer dapat kita
temukan di berbagai tempat seperti Mall, Perpustakaan, Restoran dan tempat
lainnya yang berfungsi sebagai alat informasi yang memudahkan kita mendapatkan
apa yang kita butuhkan. Disini saya akan sedikit membahas interaksi manusia
dengan komputer yang dalam hal bermain video game. Siapa sih yang tidak pernah
bermain game di dunia ini, pasti jarang ada yang jawab tidak pernah. Karena
semua orang pasti pernah memainkan sebuah game, walaupun cuma dari HP. Untuk
dijaman sekarang yang semakin maju ini perkembangan teknologi untuk game
semakin berkembang pesat juga, untuk itu saya akan membahas tentang jenis-jenis
joystick yang biasa digunakan dalam game itu sendiri.
Perkembangan
teknologi komputer pada saat ini sangat pesat, dimana yang telah kita ketahui
dalam instansi pemerintahan maupun swasta, lebih mengutamakan menggunakan
teknologi komputer dalam menyelesaikan pekerjaannya, dan juga bagi para pelajar
ataumahasiswa/i serta dosen dalam mempermudahkan proses belajar mengajar. Salah
satu perkembangan teknologi saat ini yang digemari oleh masyarakat luas yaitu
permainan (Games). Game merupakan sebuah alat untuk bermain dan refreshing yang
sangat berkembang akhir-akhir ini dalam lingkungan masyarakat. Saat ini game
telah berkembang menjadi sebuah alat ataupun media yang bisa digunakan sebagai
sarana belajar.
Permainan
yang dimaksud dalam game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan
intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan
sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin
dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan
ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Game
menjadi salah satu pilihan utama untuk mengisi waktu senggang setelah
berakifitas. Dalam dunia sekarang ini game bukan menjadi hal yang asing lagi
buat semua orang, terutama anak-anak, banyak dari mereka yang rela berjam-jam
hanya untuk bermain game yang mereka gemari. Banyak game yang bermanfaat namun
ada juga beberapa game yang tidak layak dimainkan karena faktor kekerasan,
pornografi, dan hal lain yang berbau negatif, tentu keuntungan dan kerugian
bermain game kembali terletak pada orang memainkannya dan peranan orang tua
dalam mengawasi anak-anaknya.
Kemudian
juga Perangkat game sudah menjadi candu di abad 21 ini. Semenjak perangkat game
pertama kali diperjualbelikan pada era 80-an semakin banyak digemari, yang
tadinya hanya diperuntukkan kepada anak-anak sampai saat ini perangkat game
sudah memasuki generasi keenam semakin banyak orang dewasa yang gemar
memainkannya. Diawali oleh Atari dan sekarang industri perangkat game telah
dikuasai oleh tiga merk dagang ini yaitu Nintendo, Playstation, Xbox. Ketiga
merk itu terus bersaing menarik peminatnya dengan menciptakan pengendali
permainan yang memudahkan penggunanya memainkan sebuah game. Di generasi keenam
ini banyak pengguna yang menggunakan pengendali permainan dengan teknologi
pendeteksi gerak. Jika Xbox sukses dengan Kinect, Nintendo dengan Wii remote
maka Playstation tak mau kalah dengan para pesaingnya, baru-baru ini
Playstation telah mengeluarkan teknologi yang dinamai dengan Playstation Move
yang hamper mirip dengan Kinect dan Wii.
Tujuan
Tujuan
dari pembuatan tulisan ini adalah untuk memberi tahu informasi tentang
jenis-jenis dan kegunaan dari masing joystick tersebut didalam game.
PEMBAHASAN
Pengertian In/Out Device
Didalam
sistem I/O terdapat 2 macam device, yaitu input device dan output device. Input
device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam
suatu memori dan prosessor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang
diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk
signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan
ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang
digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain
digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Sedangkan
output device adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan yang dilakukan
oleh CPU. Dalam teori kontrol, output dari suatu sistem adalah apa yang dapat
diukur. Dalam interaksi manusia-komputer, output informasi yang dihasilkan oleh
program komputer dan dirasakan oleh pengguna. Jenis-jenis program menghasilkan
keluaran, dan jenis-jenis input program menerima, menentukan antarmuka pengguna
program.
Dalam konteks ini, umpan balik dan keluaran
sering digunakan secara bergantian. Namun, output cenderung untuk merujuk pada
output eksplisit, sesuatu yang sengaja disediakan untuk user, sedangkan produk
sampingan umpan juga meliputi operasi yang terjadi pada berisi informasi
Pengertian Joystick
Joystick
adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak kesegala
arah. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan
vidio yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Selain untuk mengontrol permainan
vidio, tuas kontrol juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada
kursi roda bermotor dan truk.Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua
atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini digunakan untuk memindahkan obyek
gambar dalam layar monitor, fungsinya hampir sama dengan mouse namun joystick
hanya digunakan untuk program game.
Joystick
merupakan peranti penuding tak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh
gerakan tuas (pada joystick absolut) atau dengan tekanan pada tuas (pada
joystick terkendalu atau joystick isometrik. Pada joystick biasanya terdapat
tombol yang dapat dipilih atau diasoasikan dengan papan ketik. Joystick mulai
dikenal pada abad 20-an pada waktu itu
di nama joystick diartikan tongkat pengendali pesawat terbang. Kemudian
joystick berkembang menjadi alat elektrik.
Joystick
ditemukan di sekitar tahun 1944 di negara Jerman. Alat dikembangkan untuk
mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel H 293 terhadap target kapal. Di
sini, joystick digunakan oleh suatu operator untuk mengemudi proyektil kearah
target nya. Joystick ini mempunyai tombol
on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyarat yang
dipancarkan dari joystick kepada proyektil via radio. Pada tahun 1960 penggunaan
joysticks menjadi tersebar luas dan berkembang keindustri pesawat udara
modeling sistem radio-controlled seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill
Kraft ( 1964). Kraft kemudian menyalurkan ide joysticks kepad aindustri
komputer dan para pemakai lain.
Pada
tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. kemudian
menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan dua
potensio meter untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang
semakin mengenal istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer
dengan permainan Nintendo dan sega.seiring perkembangan teknologi yang sangat
pesat joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardware).
Mengenal Tentang Joystick
Joystick adalah alat
masukan (alat input) komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala
arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke
komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan Game
yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Selain untuk mengontrol permainan Game
pada komputer, joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti
pada kursi roda bermotor dan truk tentunya dengan fungsi yang berbeda pula. Fungsi
joystick sama fungsinya dengan mouse hanya saja joystick digunakan untuk
program game seperti game mobil , menggunakan joystick yang berbentuk stir
mobil dengan menggunakan pedal gas, rem kopling, yang pastinya seperti
mengendarai mobil asli.
Cara
kerja Joy Stick dibawah stick terdapat dua lubang, yatu Horizontal dan vertical,
lubang-lubang tersebut berada pada sebuah tangkai berbentuk lengkungan. Saat
joystick digerakan ke kanan atau ke kiri, maka lubang di lengkungan vertikal
akan bergerak karena dorongan stick. Kemudian
jika joystick digerakan keatas atau kebawah, maka lubang di lengkungan
horizontal akan bergerak karena dorongan stick, Setelah digerakkan, maka sensor
di joystick akan menerima pergerakan dan menyampaikannya ke saluran yang
terkoneksi.
Gambar 1. Bagian – Bagian Joystick
1. Stick
2. Base
3. Trigger
4.
Extra buttons
5.
Autofire switch
6.
Throttle
7.
Hat Switch (POV Hat)
8. Suction Cup Joystick
Jenis-Jenis Joystick
1. Logitech Rumble
Jenis joystick
diatas adalah jenis joystick yang paling sering digunakan pengguna game dikarenakan
joystick tersebut dapat digunakan untuk game apa saja.
2.
Joystick Logitech Extreme 3D Pro
Jenis joystick diatas adalah jenis
joystick berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk
game pesawat terbang.
di link berikut bisa dilihat contoh penggunaan Joystick Logitech Extreme 3D Pro
3.
Joystick Logitech Racing Wheel
Jenis
joystick ini berbentuk seperti stir mobil jenis joystick tersebut berfungsi
khusus untuk game
balap
mobil.
4. Joystick Controller
Jenis ini menggunakan potentiometrick. Skalar pada joystick controller digunakan untuk menterjemahkan gerakan menjadi sinyal output. Jenis ini terbuat dan plastik, nilon, gelas penuh rulon dan stainless steel, selain digunakan untuk game juga digunakan dalam bidang pertanian, kendaraan kemudi.
5. Joystick
PC dengan Fungsi Turbo
Berbeda dengan joystick yang beredar
di pasaran. Metal Strike 3D nama dari jenis joystick PC. Turbo digunakan untuk
permainan simulasi penerbangan dengan desain 4 axiz dan juga memiliki Ailero,
Elevator, Trottle, dan Controlpower. Fungsi turbo untuk pengulangan otomatis,
bisa memainkan permainan pertarungan di udara
dengan kemampuan menembak otomatis yang baik senjata otomatis.
Teknis Kerja Joystick
Kebanyakan joystick dua-dimensi, memiliki dua sumbu gerakan
mirip dengan mouse, tapi joystick satu dan tiga dimensi memang ada. Sebuah
joystick umumnya dikonfigurasi sehingga memindahkan gerakan sinyal tongkat kiri
atau kanan sepanjang sumbu X, dan bergerak ke depan (atas) atau belakang
(bawah) gerakan sinyal sepanjang sumbu Y. Dalam joystick yang dikonfigurasi
untuk gerakan tiga-dimensi, memutar tongkat kiri (berlawanan arah jarum jam)
atau kanan (searah jarum jam) pergerakan sinyal sepanjang sumbu Z. Ketiga sumbu
X, Y dan Z yang dalam kaitannya dengan suatu gulungan, bola, dan pesawat.
Sebuah joystick analog adalah joystick yang menyatakan berulang kembali yaitu
suatu ukuran sudut pergerakan ke segala arah pada bidang atau ruang (biasanya
menggunakan potensiometer) dan joystick digital yang hanya memberikan sinyal on
/ off untuk empat arah yang berbeda, dan kemungkinan kombinasi mekanis (seperti
atas-kanan, kiri-bawah). Joystick digital sangat umum sebagai kontroler game
untuk konsol permainan video, mesin arcade, dan komputer rumah dari 1980-an.
Selain itu joystick sering memiliki tombol api satu atau lebih, digunakan untuk memicu suatu tindakan. Ini adalah tombol sederhana untuk menekan on / off. Beberapa joystick memiliki kemampuan haptic feedback. Ini yang disebut perangkat aktif, bukan hanya perangkat input. Komputer dapat mengembalikan sinyal ke joystick yang menyebabkan perlawanan gerakan dengan kekuatan yang kembali atau membuat joystick bergetar. Kebanyakan kartu antarmuka I / O untuk PC memiliki joystick (kontrol game). joystick modern kebanyakan menggunakan USB antarmuka untuk koneksi ke PC.
Selain itu joystick sering memiliki tombol api satu atau lebih, digunakan untuk memicu suatu tindakan. Ini adalah tombol sederhana untuk menekan on / off. Beberapa joystick memiliki kemampuan haptic feedback. Ini yang disebut perangkat aktif, bukan hanya perangkat input. Komputer dapat mengembalikan sinyal ke joystick yang menyebabkan perlawanan gerakan dengan kekuatan yang kembali atau membuat joystick bergetar. Kebanyakan kartu antarmuka I / O untuk PC memiliki joystick (kontrol game). joystick modern kebanyakan menggunakan USB antarmuka untuk koneksi ke PC.
Kegunaan
Dan Fungsi Joystick :
Alat
ini biasanya digunakan sebagai :
1.
Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu
tombol.
2.
Untuk mengontrol permainan video
Joystick
juga banyak diimplementasikan pada mesin – mesin seperti pada kursi roda
bermotor dan truk.
Sifat
joystick :
-
Membutuhkan
tempat yang sedikit
-
Tidak
mengganggu layar
-
Harganya
murah, banyak digunakan pada permainan komputer (game)
Kelebihan
:
1.
Dapat berjalan pada Windows dan Mac
2.
Desain yang stylish
3.
Handal
4.
Harga jual yang bagus
5.
Responsif
6.
Serbaguna
7.
Posisi tombol-tombol yang simetris
Tips
dan Cara Merawat dan Memperbaiki Joystick / Gamepad Game Konsol dan Komputer PC
- Jangan dibanting
Jika kesal sebaiknya anda melakukan hallainselain melakukan tindak kekerasan pada stick anda seperti lompat-lompat, atau teriak-teriak sekeras mungkin.
Jika kesal sebaiknya anda melakukan hallainselain melakukan tindak kekerasan pada stick anda seperti lompat-lompat, atau teriak-teriak sekeras mungkin.
- Jangan melilitkan kabel di
joystick / gamepad
Biasanya dapat membuat lapisan tembaga dalam kabel terputus, sehingga joystick / gamepad tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.Gunakan tehnik melilit tali tambang sabut kelapa, bukan seperti melilit benang layangan.
Biasanya dapat membuat lapisan tembaga dalam kabel terputus, sehingga joystick / gamepad tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.Gunakan tehnik melilit tali tambang sabut kelapa, bukan seperti melilit benang layangan.
- Jauhkan dari Air
Jika air masuk kedalam komponen pcb pada joystick / gamepad akan menyebabkan korslet yang akhirnya merusak komponen secara permanen.
Jika air masuk kedalam komponen pcb pada joystick / gamepad akan menyebabkan korslet yang akhirnya merusak komponen secara permanen.
- Jangan Bermain Kasar
tekan tombol pada joystick / gamepad dengan lembut dan santai.Jangan memencetnya dengan kasar yang dapat membuat karet tombol jadi encer atau dol, serta kemudi analog jadi patah atau karetnya putus.
tekan tombol pada joystick / gamepad dengan lembut dan santai.Jangan memencetnya dengan kasar yang dapat membuat karet tombol jadi encer atau dol, serta kemudi analog jadi patah atau karetnya putus.
- Bersihkan Jika tombol Budek
Jika tombol mulai tidak sensitif atau tidak bekerja, coba buka dan bersihkan bagian komponen yang terhubung dengan bagian karet joystick / gamepad.Jika tombolnya jadi terlalu encer karena karet joystick / gamepad sudah dol.
Jika tombol mulai tidak sensitif atau tidak bekerja, coba buka dan bersihkan bagian komponen yang terhubung dengan bagian karet joystick / gamepad.Jika tombolnya jadi terlalu encer karena karet joystick / gamepad sudah dol.
- Service Bila Rusak
Segera bawa ketempat service di sekitar daerah anda jika andat idak dapat
memperbaiknya. Namun pastikan anda mendatangi tempat service khusus peralatan
game, bukan service payung, sol sepatu, ac, dan sebagainya.
Tambahan :
Sebelum membuka joystick / gamepad dan membongkar-bongkar pastikan kabelnya
sudah tidak terhubung dengan mesin agar anda tidak kesetrum ataukonslet pada
komponen.
Kesimpulan
Joystick atau
tuas pengendali merupakan alat yang digunakan untuk berbagai macam
permainan (game), Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin – mesin
seperti pada kursi roda bermotor dan truk. Selain itu joystick juga digunakan
pada kehidupan sehari-hari seperti yang diaplikasikan untuk tuas pengendali
kursi roda elektrik yang dipakai orang yang sakit untuk menggerakkan kursi
rodanya dan sebagai pengendali mobil.
Daftar Pustaka
http://bayutam.blogspot.co.id/2014/04/io-gaming-system-jenis-jenis-joystick.html
http://pangerandinasty.blogspot.co.id
Gaming.Logitech.com
www.academia.edu
Komentar
Posting Komentar