Resume Materi Perangkat Keras Komputer Joy Stick

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Interaksi manusia dengan komputer adalah  merupakan suatu aktivitas yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari,terutama di zaman yang penuh dengan teknologi saat ini. Pada saat ini komputer dapat kita temukan di berbagai tempat seperti Mall, Perpustakaan, Restoran dan tempat lainnya yang berfungsi sebagai alat informasi yang memudahkan kita mendapatkan apa yang kita butuhkan. Disini saya akan sedikit membahas interaksi manusia dengan komputer yang dalam hal bermain video game. Siapa sih yang tidak pernah bermain game di dunia ini, pasti jarang ada yang jawab tidak pernah. Karena semua orang pasti pernah memainkan sebuah game, walaupun cuma dari HP. Untuk dijaman sekarang yang semakin maju ini perkembangan teknologi untuk game semakin berkembang pesat juga, untuk itu saya akan membahas tentang jenis-jenis joystick yang biasa digunakan dalam game itu sendiri.
Perkembangan teknologi komputer pada saat ini sangat pesat, dimana yang telah kita ketahui dalam instansi pemerintahan maupun swasta, lebih mengutamakan menggunakan teknologi komputer dalam menyelesaikan pekerjaannya, dan juga bagi para pelajar ataumahasiswa/i serta dosen dalam mempermudahkan proses belajar mengajar. Salah satu perkembangan teknologi saat ini yang digemari oleh masyarakat luas yaitu permainan (Games). Game merupakan sebuah alat untuk bermain dan refreshing yang sangat berkembang akhir-akhir ini dalam lingkungan masyarakat. Saat ini game telah berkembang menjadi sebuah alat ataupun media yang bisa digunakan sebagai sarana belajar.
Permainan yang dimaksud dalam game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Game menjadi salah satu pilihan utama untuk mengisi waktu senggang setelah berakifitas. Dalam dunia sekarang ini game bukan menjadi hal yang asing lagi buat semua orang, terutama anak-anak, banyak dari mereka yang rela berjam-jam hanya untuk bermain game yang mereka gemari. Banyak game yang bermanfaat namun ada juga beberapa game yang tidak layak dimainkan karena faktor kekerasan, pornografi, dan hal lain yang berbau negatif, tentu keuntungan dan kerugian bermain game kembali terletak pada orang memainkannya dan peranan orang tua dalam mengawasi anak-anaknya.
Kemudian juga Perangkat game sudah menjadi candu di abad 21 ini. Semenjak perangkat game pertama kali diperjualbelikan pada era 80-an semakin banyak digemari, yang tadinya hanya diperuntukkan kepada anak-anak sampai saat ini perangkat game sudah memasuki generasi keenam semakin banyak orang dewasa yang gemar memainkannya. Diawali oleh Atari dan sekarang industri perangkat game telah dikuasai oleh tiga merk dagang ini yaitu Nintendo, Playstation, Xbox. Ketiga merk itu terus bersaing menarik peminatnya dengan menciptakan pengendali permainan yang memudahkan penggunanya memainkan sebuah game. Di generasi keenam ini banyak pengguna yang menggunakan pengendali permainan dengan teknologi pendeteksi gerak. Jika Xbox sukses dengan Kinect, Nintendo dengan Wii remote maka Playstation tak mau kalah dengan para pesaingnya, baru-baru ini Playstation telah mengeluarkan teknologi yang dinamai dengan Playstation Move yang hamper mirip dengan Kinect dan Wii.

Tujuan
Tujuan dari pembuatan tulisan ini adalah untuk memberi tahu informasi tentang jenis-jenis dan kegunaan dari masing joystick tersebut didalam game.

PEMBAHASAN
Pengertian In/Out Device
Didalam sistem I/O terdapat 2 macam device, yaitu input device dan output device. Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan prosessor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Sedangkan output device adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Dalam teori kontrol, output dari suatu sistem adalah apa yang dapat diukur. Dalam interaksi manusia-komputer, output informasi yang dihasilkan oleh program komputer dan dirasakan oleh pengguna. Jenis-jenis program menghasilkan keluaran, dan jenis-jenis input program menerima, menentukan antarmuka pengguna program.
 Dalam konteks ini, umpan balik dan keluaran sering digunakan secara bergantian. Namun, output cenderung untuk merujuk pada output eksplisit, sesuatu yang sengaja disediakan untuk user, sedangkan produk sampingan umpan juga meliputi operasi yang terjadi pada berisi informasi

Pengertian Joystick
Joystick adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak kesegala arah. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan vidio yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Selain untuk mengontrol permainan vidio, tuas kontrol juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini digunakan untuk memindahkan obyek gambar dalam layar monitor, fungsinya hampir sama dengan mouse namun joystick hanya digunakan untuk program game.
Joystick merupakan peranti penuding tak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas (pada joystick absolut) atau dengan tekanan pada tuas (pada joystick terkendalu atau joystick isometrik. Pada joystick biasanya terdapat tombol yang dapat dipilih atau diasoasikan dengan papan ketik. Joystick mulai dikenal pada  abad 20-an pada waktu itu di nama joystick diartikan tongkat pengendali pesawat terbang. Kemudian joystick berkembang menjadi alat elektrik.
Joystick ditemukan di sekitar tahun 1944 di negara Jerman. Alat dikembangkan untuk mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel H 293 terhadap target kapal. Di sini, joystick digunakan oleh suatu operator untuk mengemudi proyektil kearah target nya. Joystick ini mempunyai tombol  on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyarat yang dipancarkan dari joystick kepada proyektil via radio. Pada tahun 1960 penggunaan joysticks menjadi tersebar luas dan berkembang keindustri pesawat udara modeling sistem radio-controlled seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964). Kraft kemudian menyalurkan ide joysticks kepad aindustri komputer dan para pemakai lain.
Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensio meter untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega.seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardware).

Mengenal Tentang Joystick
Joystick adalah alat masukan (alat input) komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan Game yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Selain untuk mengontrol permainan Game pada komputer, joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk tentunya dengan fungsi yang berbeda pula. Fungsi joystick sama fungsinya dengan mouse hanya saja joystick digunakan untuk program game seperti game mobil , menggunakan joystick yang berbentuk stir mobil dengan menggunakan pedal gas, rem kopling, yang pastinya seperti mengendarai mobil asli. Cara kerja Joy Stick dibawah stick terdapat dua lubang, yatu Horizontal dan vertical, lubang-lubang tersebut berada pada sebuah tangkai berbentuk lengkungan. Saat joystick digerakan ke kanan atau ke kiri, maka lubang di lengkungan vertikal akan bergerak karena  dorongan stick. Kemudian jika joystick digerakan keatas atau kebawah, maka lubang di lengkungan horizontal akan bergerak karena dorongan stick, Setelah digerakkan, maka sensor di joystick akan menerima pergerakan dan menyampaikannya ke saluran yang terkoneksi.



Gambar 1. Bagian – Bagian Joystick
1. Stick
 2. Base
3. Trigger
4.  Extra buttons
5.  Autofire switch
6.  Throttle
7.  Hat Switch (POV Hat)
8. Suction Cup Joystick 

Jenis-Jenis Joystick
1. Logitech Rumble



Jenis joystick diatas adalah jenis joystick yang paling sering digunakan pengguna game dikarenakan joystick tersebut dapat digunakan untuk game apa saja.

2. Joystick Logitech Extreme 3D Pro

 

Jenis joystick diatas adalah jenis joystick berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk
game pesawat terbang.
di link berikut bisa dilihat contoh penggunaan Joystick Logitech Extreme 3D Pro 


3. Joystick Logitech Racing Wheel

Jenis joystick ini berbentuk seperti stir mobil jenis joystick tersebut berfungsi khusus untuk game
balap mobil.

4.   Joystick Controller
 Jenis ini menggunakan potentiometrick. Skalar pada joystick controller digunakan untuk menterjemahkan gerakan menjadi sinyal output. Jenis ini terbuat dan plastik, nilon, gelas penuh rulon dan stainless steel, selain digunakan untuk game juga digunakan dalam bidang pertanian, kendaraan kemudi.




5.  Joystick PC dengan Fungsi Turbo


Berbeda dengan joystick yang beredar di pasaran. Metal Strike 3D nama dari jenis joystick PC. Turbo digunakan untuk permainan simulasi penerbangan dengan desain 4 axiz dan juga memiliki Ailero, Elevator, Trottle, dan Controlpower. Fungsi turbo untuk pengulangan otomatis, bisa memainkan permainan pertarungan di udara  dengan kemampuan menembak otomatis yang baik senjata otomatis.
 


Teknis Kerja Joystick
Kebanyakan joystick dua-dimensi, memiliki dua sumbu gerakan mirip dengan mouse, tapi joystick satu dan tiga dimensi memang ada. Sebuah joystick umumnya dikonfigurasi sehingga memindahkan gerakan sinyal tongkat kiri atau kanan sepanjang sumbu X, dan bergerak ke depan (atas) atau belakang (bawah) gerakan sinyal sepanjang sumbu Y. Dalam joystick yang dikonfigurasi untuk gerakan tiga-dimensi, memutar tongkat kiri (berlawanan arah jarum jam) atau kanan (searah jarum jam) pergerakan sinyal sepanjang sumbu Z. Ketiga sumbu X, Y dan Z yang dalam kaitannya dengan suatu gulungan, bola, dan pesawat. Sebuah joystick analog adalah joystick yang menyatakan berulang kembali yaitu suatu ukuran sudut pergerakan ke segala arah pada bidang atau ruang (biasanya menggunakan potensiometer) dan joystick digital yang hanya memberikan sinyal on / off untuk empat arah yang berbeda, dan kemungkinan kombinasi mekanis (seperti atas-kanan, kiri-bawah). Joystick digital sangat umum sebagai kontroler game untuk konsol permainan video, mesin arcade, dan komputer rumah dari 1980-an.
            Selain itu joystick sering memiliki tombol api satu atau lebih, digunakan untuk memicu suatu tindakan. Ini adalah tombol sederhana untuk menekan on / off. Beberapa joystick memiliki kemampuan haptic feedback. Ini yang disebut perangkat aktif, bukan hanya perangkat input. Komputer dapat mengembalikan sinyal ke joystick yang menyebabkan perlawanan gerakan dengan kekuatan yang kembali atau membuat joystick bergetar. Kebanyakan kartu antarmuka I / O untuk PC memiliki joystick (kontrol game). joystick modern kebanyakan menggunakan USB antarmuka untuk koneksi ke PC.

Kegunaan Dan Fungsi Joystick :
Alat ini biasanya digunakan sebagai :
1. Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
2. Untuk mengontrol permainan video
Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin – mesin seperti pada kursi roda bermotor dan truk.

Sifat joystick :
-          Membutuhkan tempat yang sedikit
-          Tidak mengganggu layar
-          Harganya murah, banyak digunakan pada permainan komputer (game)

Kelebihan :
1. Dapat berjalan pada Windows dan Mac
2. Desain yang stylish
3. Handal
4. Harga jual yang bagus
5. Responsif
6. Serbaguna
7. Posisi tombol-tombol yang simetris 
Tips dan Cara Merawat dan Memperbaiki Joystick / Gamepad Game Konsol dan Komputer PC
- Jangan dibanting
Jika kesal sebaiknya anda melakukan hallainselain melakukan tindak kekerasan pada stick anda seperti lompat-lompat, atau teriak-teriak sekeras mungkin.
- Jangan melilitkan kabel di joystick / gamepad
Biasanya dapat membuat lapisan tembaga dalam kabel terputus, sehingga joystick / gamepad tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.Gunakan tehnik melilit tali tambang sabut kelapa, bukan seperti melilit benang layangan.
- Jauhkan dari Air
Jika air masuk kedalam komponen pcb pada joystick / gamepad akan menyebabkan korslet yang akhirnya merusak komponen secara permanen.
- Jangan Bermain Kasar
tekan tombol pada joystick / gamepad dengan lembut dan santai.Jangan memencetnya dengan kasar yang dapat membuat karet tombol jadi encer atau dol, serta kemudi analog jadi patah atau karetnya putus.
- Bersihkan Jika tombol Budek
Jika tombol mulai tidak sensitif atau tidak bekerja, coba buka dan bersihkan bagian komponen yang terhubung dengan bagian karet joystick / gamepad.Jika tombolnya jadi terlalu encer karena karet joystick / gamepad sudah dol.
- Service Bila Rusak Segera bawa ketempat service di sekitar daerah anda jika andat idak dapat memperbaiknya. Namun pastikan anda mendatangi tempat service khusus peralatan game, bukan service payung, sol sepatu, ac, dan sebagainya.
Tambahan : Sebelum membuka joystick / gamepad dan membongkar-bongkar pastikan kabelnya sudah tidak terhubung dengan mesin agar anda tidak kesetrum ataukonslet pada komponen.

Kesimpulan
         Joystick atau tuas pengendali merupakan alat yang digunakan untuk  berbagai macam permainan (game), Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin – mesin seperti pada kursi roda bermotor dan truk. Selain itu joystick juga digunakan pada kehidupan sehari-hari seperti yang diaplikasikan untuk tuas pengendali kursi roda elektrik yang dipakai orang yang sakit untuk menggerakkan kursi rodanya dan sebagai pengendali mobil.

Daftar Pustaka

http://bayutam.blogspot.co.id/2014/04/io-gaming-system-jenis-jenis-joystick.html
http://pangerandinasty.blogspot.co.id
    Gaming.Logitech.com
    www.academia.edu




Komentar

Postingan Populer