UTS
UJIAN TENGAH SEMESTER
Untuk memenuhi tugas mata kuliah
Teknologi Informasi
Dosen Pengampu : DR. Hudiana
Hermawan M.S
Oleh :
RULLY S. MAULANA
17861016
PASCA SARJANA
KONSENTRASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
INSTITUT PENDIDIKAN INDONESIA
GARUT
Jelaskan peranan dan manfat
Teknologi Informasi dalam meningkatkan kinerja profesi anda dan dampak negative
dari perkembangan Teknologi Informasi.
Jawaban No. 1
Pendidikan merupakan
proses belajar dan mengajar yang bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Berdasarkan
pengertian pendidikan tersebut maka teknologi informasi sangat berperan penting
dalam penyelenggaraan pendidikan karena intensitas kebutuhan pendidikan yang dari
masa ke masa semakin meningkat. Dunia
pendidikan sangat diuntungkan
dari kemajuan teknologi informasi karena memperoleh manfaat yang luar
biasa dalam menunjang penyelengaraan pendidikan. Dalam paper ini saya akan
membahas tentang apa saja peranan teknologi informasi dalam dunia pendidikan.
Menurut sejarah,
pendidikan telah dilaksanakan sejak manusia berada dimuka bumi. Adanya
pendidikan sudah setua kehidupan manusia. Dengan perkembangan peradaban
manusia, berkembang pula isi dan bentuk termasuk perkembangan dan pemikiran
ide-ide tentang pendidikan. Perkembangan
pendidikan ini sudah semakin kompleks karena keterbatasan jarak dan waktu.
Dikarenakan hal-hal
diatas maka pendidikan sangat membutuhkan teknologi informasi agar bias
mempermudah proses belajar mengajar tanpa adanya sekat-sekat antara pendidik
dan peserta didik. Teknologi informasi adalah alat bantu untuk membuat data,
mengelolah data menjadi informasi. Teknologi informasi merupakan hasil rekayasa
manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima
sehinggi pengiriman informasi akan lebih cepat, lebih luas penyebaranya lebih
banyak dll.
Peranan teknologi
informasi dalam dunia pendidikan mengapa disebut sangat penting? Karena
teknologi informasi dalam dunia pendidikan memberikan kemudahan dalam akses,
dengan kata lain teknologi informasi digunakan sebagai fasilitator dalam
pemerataan penyebaran ilmu pengetahuan dalam pendidikan.
Dalam paper ini saya
akan membahas tentang peranan teknologi dan fungsinya dalam dunia pendidikan. Pada
tulisan ini di jelaskan tentang keuntungan dari penggunaan teknologi informasi
dalam dunia pendidikan.
1.
Pembahasan
a. Pendidikan
Arti Pendidikan Luas yaitu segala pengalaman belajar
yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Arti pendidikan
sempit yaitu pengajaran pendidikan yang diselenggarakan disekolah sebagai
lembaga pendidikan resmi. Arti pendidikan alternative yaitu usaha sadar yang
dilakukang oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah, melalui kegiatan
bimbingan, pengajaran atau latihan yang berlangsung di sekolah dan diluar
sekolah sepanjang hayat.
Tujuan pendidikan adalah sesuatu yang ingin dicapai
oleh kegiatan pendidikan. Ada bermacam-macam tujuan pendidikan menurut para
ahli. M.J. Lengeveld mengemukakan enam macam tujuan pendidikan yaitu (1) tujuan
Umum, total atau akhir yaitu mencapai kedewasaan, (2) Tujuan khusus yaitu
penghususan tujuan umum atas dasar berbagai hal. Misalnya bakat dan minat, (3)
tujuan tak lengkap yaitu tujuan yang hanya menyakut sebagian aspek kehidupan
manusia, misalnya aspek psikologis, aspek biologi. (4) tujuan sementara adalah
tujuan yang dimaksud untuk sementara dan kalau sudah dicapai tujuan itu
ditinggalkan (5) tujuan intermedier yaitu tujuan perantara bagi tujuan lainya
yang pokok, (6) tujuan incidental yaitu tujuan yang dicapai pada saat-saat
tertentu, seketika, spontan. misalnya orang tua meminta anaknya duduk dengan
sopan.
Fungsi pendidikan adalah hubungan tugas atau misi
yang menjadi kewajiban dan cita-cita dan harus dilaksanakan oleh pendidikan.
contohnya Fungsi pendidikan diindonesia menurut pasal 3 UU No.20 Tahun
2003, “pendidikan nasional berfungsi
mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa…”. Fungsi pendidikan ini sangat luas
karena menyentuh segala aspek kehidupan manusia.
Pendidikan sebagai sebuah system yaitu Masukan ->
Transformasi -> keluaran -> kembali ke masukkan. Komponen yang menjadi
sebuah system pendidikan adalah Tujuan & prioritas, Siswa, Pengelolaan,
Struktur dan jadwal, Materi (isi), Pendidik, Sarpras (fasilitas, teknologi dan
media), Pengawasan mutu, Penelitian dan Biaya.
b. Teknologi Informasi
Definisi teknologi informasi yaitu istilah yang
berkaitan erat dengan penggunaan komputer sebagai alat bantu untuk membuat
data, mengelola data dan informasi dan merupakan Hasil rekayasa manusia
terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga
pengiriman informasi. Fungsinya adalah agar informasi lebih cepat samapai,
informasi disebarkan lebih luas, ukuran informasi lebih besar/banyak dan
informasi mudah didapatkan.
Teknologi informasi telah memberikan pengaruh yang
sangat besar terhadap masyarakat luas dan dunia umumnya. Kemajuan dalam bidang
teknologi ini sangat pesat dan telah berda dalam semua aspek kehidupan, dan
sudah mampu menembus batas-batas budaya, geografis, politik, ekonomi, dan
sebagainya, dan hamper tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.
c. Peranan Teknologi Informasi dalam
Pendidikan
Pendidikan sangat diuntungkan dari
kemajuan teknologi informasi
karena memperoleh manfaat yang luar biasa. Mulai dari eksplorasi materi-materi
pembelajaran berkualitas seperti literatur,
jurnal, dan buku,
membangun forum -forum diskusi
ilmiah, sampai
konsultasi/diskusi dengan para
pakar di dunia,
semua itu dapat
dengan mudah dilakukan dan tanpa
mengalami sekat-sekat karena setiap individu dapat melakukannya sendiri. Dampak
yang sedemikian luas tersebut telah memberikan warna atau wajah baru dalam
sistem pendidikan dunia, yang dikenal dengan berbagai istilah e-learning,
distance learning, online learning,
web based learning, computer-based learning,
dan virtual class room, dimana
semua terminologi tersebut
mengacu pada pengertian
yang sama yakni pendidikan berbasis
teknologi informasi.
Pengembangan
dan penerapan teknologi informasi juga bermanfaat
untuk pendidikan dalam kaitannnya
dengan peningkatan kualitas
pendidikan nasional Indonesia.
Kondisi geografis Indonesia
dengan sekian banyak
pulau yang terpencarpencar dan relief permukaan
buminya yang tidak bersahabat maka
penerapan teknologi informasi sangat
tepat digunakan dalam
dunia pendidikan. Teknologi
informasi diandalkan menjadi fasilitator utama untuk peme rataan
pendidikan di Indonesia dengan kemampuan pembelajaran jarak jauh tidak terpisah
oleh ruang, jarak dan waktu. Untuk pencapaian daerah-daerah yang sulit tentunya
penerapan teknologi informasi dilakukan dengan tepat di Indonesia. Adapun
manfaat teknologi informasi bagi bidang pendidikan yang lain adalah:
1. akses
ke perpustakaan
2. akses
ke pakar
3. melakukan
kuliah/pembelajaran online
4. menyediakan layanan
informasi akademi dan
administrasi suatu institusi pendidikan
5. menyediakan
fasilitas mesin pencari data
6. menyediakan
fasilitas diskusi
7. menyediakan
fasilitas direktori alumni ke sekolah
8. menyediakan
fasilitas kerjasama
Dalam
kehidupan kita sekarang dan di masa mendatang, teknologi informasi dan
telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan dalam semua bidang salah
satunya di bidang pendidikan. Perubahan globalisasi telah memicu pergeseran
dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional kearah
pendidikan yang lebih terbuka, luwes, dan dapat diakses oleh siapapun dan
dimanapun.
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam
bidang pendidikan, maka pengadaan sistem pendidikan jarak jauh bisa lebih mudah
dilakukan. Masalah utama yang muncul
dalam sistem pendidikan jarak jauh adalah tidak adanya interaksi antara peserta
didik dengan pengajar secara berlanjut.
Tetapi, dengan media internet sangat dimungkinkan bisa mengatasi masalah
tersebut baik secara real time atau tidak. Dalam bentuk real time dapat
dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio
atau real video, dan online meeting. Yang tidak real time dapat dilakukan dengan mailing list, discussion
group, newsgroup, dan bulletin board. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan
cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti
materi pengajar dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download
oleh peserta didik. Demikian pula dengan ujian dan kuisnya dapat pula dilakukan
dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan
langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di dukung dengan metode
pembayaran online.
TIK
mempunyani peran yang luar biasa dalam bidang pendidikan. Berbagai perangkat
lunak seperti microsoft office atau OpenOffice memudahkan para pelajar dalam
negerjakan tugas, seperti laporan praktikum dan artike, juga ketika
mempresentasikan tugas di kelas.
Sistem
pengajaran berbasi multimedia (teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara,
dan video) mampu membuat penyajian suatu topik bahasan menjadi menarik, tidak
monoton dna mudah dicerna. Seorang murid atau mahasiswa dapat mempelajari
materi tertentu secara mandiri dengan menggunakan komputer yang dilengkapi
program yang berbasis multimedia. Dengan sentuhan teknologi komputer, berbagai
pelajaran yang sering dianggap sulit, seperti fisika ataupun matematika, dapat
disajikan dengan cara yang menarik sehingga siswa menyenangi sekaliugus
memahaminya dengan lebih mudah. Teknlogoi berbasis flash biasa digunakan untuk
keperluan ini. Bahkan yang namanya belajar bahasa asing pun bisa dilakukan
dengan menggunakan komputer.
Berbagai program pembelajaran bahasa asing yang
dikemas dalam bentuk CD maupun mengevaluasi ucapan pembelajar. Program bisa
mengomentari lafal pembelajar, sesuai dengan penutur asli atau tidak. Karean
tidak berinteraksi dengan orang lain, seseorang yang sedang belajar bahasa
asing tidak merasa malu mengucapkan kata-kata secara salah. Tanpa terasa mereka
pun menguasai cara melafalkan kata-kata tersebut. Agar proses belajar berlangsung
menarik, program bisanya memadukan samsun chat pendidikan dengan hiburan. Konsep ini melahirkan perangkat lunak yang
tergolong sebagai edutainment, yang merupakan perpaduan antara education dan
entertainement. Teknologi internet ikut berperan dalam neciptakan e-learning
atau pendidikan jarak jauh.
Belajar tidak lagi harus dilakukan di kelas, tetapi
dari mana saja, sepanjang komputer yang digunakan bisa terhubung ke internet.
Bahkan, seseorang bisa kuliah di universitas yang berada di negara lain tanpa
harus tinggal di negara bersangkutan. Berkat internet pula, berbagai buku dalam
bentuk digital atau yang diebut sebagai ebook ataupun beragam hasilnya
penelitian bisa diperoleh dengan mudah sehingga memudahkan setiap oerang yang
bermaksud mencari atau mengembangkan pengetahuan.
Arti TIK bagi dunia pendidikan seharusnya berarti
tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkan program
pendidikan. Namun hal Pemanfaatan TIK ini di Indonesia baru memasuki tahap
mempelajari berbagai kemungkinan pengembangan dan penerapan TIK untuk
pendidikan memasuki milenium ketiga ini. Padahal penggunaan TIK ini telah bukanlah suatu wacana yang asing di
negeri Paman Sam sana. Pemanfaatan IT dalam bidang pendidikan sudah merupakan
kelaziman di Amerika Serikat pada dasawarsa yang telah lalu. Ini merupakan
salah satu bukti utama ketertinggalan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa di
dunia. Informasi yang diwakilkan oleh
komputer yang terhubung dengan internet sebagai media utamanya telah mampu memberikan
kontribusi yang demikian besar bagi proses pendidikan. Teknologi interaktif ini
memberikan katalis bagi terjadinya perubahan medasar terhadap peran guru: dari
informasi ke transformasi. Setiap sistem sekolah harus bersifat moderat
terhadap teknologi yang memampukan mereka untuk belajar dengan lebih cepat,
lebih baik, dan lebih cerdas. Dan Teknologi Informasi dan komunikasi yang
menjadi kunci untuk menuju model sekolah masa depan yang lebih baik.
Usaha-usaha dari anak-anak bangsa juga terus
dilakukan untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dalam hal penyampaian
proses pendidikan dengan penggunaan TIK. Semisalnya, baru-baru ini Telkom,
Indosat, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) menyatakan kesiapannya untuk
mengembangkan IT untuk pendidikan di Indonesia, dimulai dengan proyek-proyek
percontohan. Telkom menyatakan akan terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas
infrastruktur jaringan telekomunikasi yang diharapkan dapat menjadi tulang
punggung (backbone) bagi pengembangan dan penerapan IT untuk pendidikan serta
implementasi-implementasi lainnya di Indonesia. Bahkan, saat ini Telkom mulai
mengembangkan teknologi yang memanfaatkan ISDN (Integrated Sevices Digital
Network) untuk memfasilitasi penyelenggaraan konferensi jarak jauh
(teleconference) sebagai salah satu aplikasi pembelajaran jarak jauh.
Banyak aspek dapat diajukan untuk dijadikan sebagai
alasan-alasan untuk mendukung pengembangan dan penerapan IIK untuk pendidikan
dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas pendidikan nasional Indonesia.
Salah satu aspeknya ialah kondisi geografis Indonesia dengan sekian banyaknya
pulau yang terpencar-pencar dan kontur permukaan buminya yang seringkali tidak
bersahabat, biasanya diajukan untuk menjagokan pengembangan dan penerapan TIK untuk pendidikan. TIK sangat mampu dan dijagokan agar menjadi
fasilitator utama untuk meratakan pendidikan di bumi Nusantara, sebab TIK yang mengandalkan kemampuan pembelajaran
jarak jauhnya tidak terpisah oleh ruang, jarak dan waktu. Demi penggapaian
daerah-daerah yang sulit tentunya diharapkan penerapan ini agar dilakukan
sesegera mungkin di Indonesia.
Terdapat
6 peranan TIK dalam bidang pendidikan, antara lain:
A. TIK sebagai
skill dan kompetensi
Penggunaan TIK harus proporsional maksudnya TIK bisa masuk ke semua lapisan masyarakat
tapi sesuainya dengan porsinya masing-masing.
B. TIK sebagai
infratruktur pembelajaran
Tersedianya bahan ajar dalam format digital The network is the school belajar dimana
saja dan kapan saja
C. TIK sebagai sumber
bahan belajar
Ilmu berkembang
dengan cepat Guru-guru hebat tersebar di seluruh penjuru dunia Buku dan bahan
ajar diperbaharui secara kontinyu Inovasi memerlukan kerjasama pemikiran. Tanpa
teknologi, pembelajaran yang up-to-date membutuhkan waktu yang lama
D. TIK sebagai
alat bantu dan fasilitas pembelajaran
Penyampaian
pengetahuan mempertimbangkan konteks dunia nyata Memberikan ilustrasi berbagai
fenomena ilmu pengetahuan untuk mempercepat penyerapan bahan ajar Pelajar melakukan eksplorasi terhadap
pengetahuannya secara lebih luas dan mandiri. Akuisisi pengetahuan berasal dari
interaksi mahasiswa dan guru, Rasio antara pengajar dan peserta didik sehingga
menentukan proses pemberian fasilitas
E. TIK sebagai pendukung
manajemen pembelajaran
Tiap
individu memerlukan dukungan pembelajaran tanpa henti tiap harinya,Transaksi
dan interaksi interaktif antar stakeholder memerlukan pengelolaan back office
yang kuat, Kualitas layanan pada pengeekan administrasi ditingkatkan secara
bertahap, Orang merupakan sumber daya yang bernilai
F. TIK sebagai sistem
pendukung keputusan
Tiap individu memiliki karakter dan bakat
masing-masing dalam pembelajaran
Guru meningkatkan kompetensinya pada
berbagai bidang ilmu
Profil institusi pendidikan diketahui oleh pemerintah.
2. Kesimpulan dan Saran
Dari
pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin berkembanganya peradaban
manusia, berkembang pula isi dan bentuk termasuk perkembangan dan pemikiran
ide-ide tentang pendidikan. Kebutuhan
akan pendidikan ini akan selalu menigkat dan disitulah peranan teknologi
informasi yang mempermudah mendapatkan suatu pendidikan.
3. Kajian Pustaka No. 1
1) Buku Pengantar Pendidikan (Redjo
Mudyahardjo, 2013)
Menjelasakan
tentang arti pendidikan, tujuan pendidikan, fungsi pendidikan, pendidikan
sebagai system.
2) Materi Kuliah Pengatar Teknologi
Informasi (Hanna P Chernovita)
Menjelasakan
tentang definisi teknologi informasi dan kegunaan teknlogi informasi.
3) Makalah Penggunaan teknologi
informasi komunikasi dan dampaknya dalam dunia pendidikan (Suripto, 2011)
4) Mudyahardjo,
Redja. (2013). Pengantar Pendidikan. Vol.1
5)
Suripto. (2011). Penggunaan teknologi informasi komunikasi dan dampaknya dalam dunia
pendidikan. Diakses November 19,
2014, dari http://ejurnal.veteranbantara.ac.id
6) Wisnu
(2014) Peranan TIK dalam Pendidikan, Diakses,
April 27, 2018 dari http://wisnusakasaputra.blogspot.co.id/2014/02/peranan-tik-teknologi-informasi-dan_1.html
7)
Weynan (2014) Paper Peranan Teknologi
Informasi dalam dunia Pendidikan , Diakses April 27, 2018, dari https://www.academia.edu/9607992/Peranan_Teknologi_Informasi_Dalam_Dunia_Pendidikan
2. Komputer terdiri atas software,
Hardware, dan Brainware. Jelaskan keetiga bagian itu! Jelaskan pula jenis-jenis
alat input dan alat output computer dan fungsinya! Berikan pula
contoh-contohnya.
Pengertian Hardware atau
Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh
secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware
atau Perangkat Keras. Contoh dari Hardware adalah sebagai
berikut:
- Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Keyboard, Mouse, scanner, dan Joystick.
- Perangkat Pemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya adalah CPU, ALU.
- Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.
Pengertian Software atau Perangkat Lunak adalah
data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang doformat kemudian disimpan
secara digital. Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak
terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah komputer. Contoh dari
Software adalah sebagai berikut:
- Sistem Operasi: Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan Pengguna/User.
- Software Aplikasi: Merupakan Software yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Contohnya adalah Software paket aplikasi perkantoran seperti Libre Office dan Microsoft Office.
- Pengertian Brainware atau Perangkat Manusia adalah orang yang menggunakan atau mengoprasikan komputer. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter (sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing di Internet), dan orang-orang yang sedang menggunakan komputer.
- Hubungan Antara Hardware, Software, dan Brainware
Pengertian Hardware, Software, dan Brainware di atas tentu memiliki hubungan
antara satu dengan yang lainnya. Seperti pada gambar, bahwa ketiga elemen tersebut
memiliki keterkaitan untuk menciptakan sebuah komputer yang berguna.
Hardware atau Perangkat Keras komputer
apabila ada tanpa Software, maka komputer hanyalah sebuah mesin yang
tidak berguna. Karena Software tercipta untuk mengisi fungsionalitas pada
komputer tersebut sehingga terciptalah sebuah komputer yang memiliki fungsi
untuk digunakan.
Apabila Hardware dan Software komputer telah
tercipta, apabila tidak terdapat Brainware untuk mengoperasikannya, maka
komputer tersebut hanyalah sebagai mesin yang tidak memiliki fungsi. Bisa
dikatakan hanyalah sebuah Robot yang diam. Jadi, Brainware atau pengguna
merupakan salah satu elemen penting untuk mengoperasikan komputer agar tercipta
komputer yang memiliki fungsionalitas dan dapat menghasilkan sesuatu yang
bermanfaat bagi pengguna.
Kesimpulan Pengertian Hardware, Software, dan Brainware
Jadi,
dapat diambil kesimpulan bahwa Pengertian Hardware, Software, dan
Brainware merupakan elemen atau pondasi penting untuk membangun
sebuah komputer yang memiliki fungsionalitas dan berguna bagi manusia.
PENGERTIAN
ALGORITMA
Sistim kerja komputer memiliki brainware, hardware,
dan software. Tanpa salah satu dari ketiga sistim tersebut, komputer
tidak akan berguna. Kita akan lebih fokus pada software komputer. Software terbangun
atas susunan program (silahkan baca mengenai pengertian algoritma) dan syntax
(cara penulisan/pembuatan program). Untuk menyusun program atau syntax,
diperlukannya langkah-langkah yang sistematis dan logis untuk dapat
menyelesaikan masalah atau tujuan dalam proses pembuatan suatu software.
Maka, Algoritma berperan penting dalam penyusunan program atau syntax
tersebut.
Pengertian
Algoritma adalah
susunan yang logis dan sistematis untuk memecahkan suatu masalah atau untuk
mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia komputer, Algoritma sangat berperan
penting dalam pembangunan suatu software. Dalam dunia sehari-hari,
mungkin tanpa kita sadari Algoritma telah masuk dalam kehidupan kita.
Algoritma berbeda dengan Logaritma. Logaritma merupakan
operasi Matematika yang merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan.
Contoh Logaritma seperti bc= a ditulis sebagai blog
a = c (b disebut basis).
Contoh
nyata Algoritma dalam kehidupan sehari-hari adalah “Cara Membuat Mie
Instan”. Berikut langkah-langkah cara membuat mie instan:
- Ambil goreng di dalam lemari yang terletak di dapur.
- Siapkan peralatan yang diperlukan seperti panci, gunting, piring, serta sendok dan garpu.
- Masukkan bumbu mie instan pada piring
- Hidupkan kompor, kemudian tuangkan air kurang lebih tiga gelas air ke dalam panci kemudian tunggu hingga air mendidih.
- Masukkan mie instan ke dalam air mendidih, lalu aduk dan tunggu hingga tiga menit.
- Tiriskan air di dalam panci, kemudian tuangkan mie pada piring.
- Aduk mie agar bumbu tercampur merata pada mie kemudian sajikan dengan keadaan hangat.
Kurang lebih di atas merupakan cara membuat mie instan.
Langkah-langkah di atas juga termasuk dalam Algoritma. Jadi perlu diingat bahwa
Algoritma tidak hanya diterapkan pada dunia komputasi, tetapi juga Algoritma
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Sedangkan
dalam dunia komputasi, contoh penggunaan Algoritma adalah dalam pembuatan
program pada bahasa pemrograman seperti bahasa C, C#, dan Visual Basic. Dengan syntax
pada tiap bahasa pemrograman dan Algoritma, maka akan tersusun
program-program dan terlahirlah software.
Jadi
intinya, Pengertian Algoritma adalah suatu langkah/urutan yang logis dan
sistematis untuk pemecahan suatu masalah atau untuk mencapai tujuan yang
diinginkan.
Kajian Pustaka
Perdana,Hani(2012), Pengertian
Software, Hardware, dan Brainware. Diakses April, 27, 2018 https://technos21.wordpress.com/2012/11/20/pengertian-hardware-software-dan-brainware/
3. Jelaskan Peranan dan Manfaat
multimedia dalam meningkatkan kinerja profesi anda
Peranan Multimedia dalam Bidang Pendidikan
Aplikasi multimedia pendidikan antara
lain sebagai perangkat lunak pembelajaran, memberikan fasilitas untuk mahasiswa
atau siswa untuk belajar mengambil keuntungan dari multimedia, belajar jarak
jauh dan pemasaran pendidikan.
Ruang
Multimedia Dalam Proses Pembelajaran
Ruang multimedia adalah suatu ruangan
dimana terdapat berbagai peralatan komunikasi elektronik guna menunjang proses
pembelajaran. Peningkatan mutu pembelajaran adalah bertambahnya kualitas
penyampaian materi pendidikan sehingga siswa lebih mudah dalam menangkapnya.
Standar Internasional pembelajaran
berbasis ICT dapat dilaksanakan, salah satunya dengan penggunaan ruang
multimedia yang tersedia di sekolah. Ruang multimedia yang dimaksudkan adalah
ruangan yang di dalamnya terdapat beberapa komputer yang cukup representatif
untuk seluruh siswa dalam satu kelas dan sudah disetting dengan LAN (Local Area
Network), LCD untuk menayangkan presentasi guru, headphone di tiap komputer
untuk mendengarkan suara guru dari komputer induk, mikrophone dan sound sistem
yang berfungsi sebagai pengeras suara sehingga dapat terdengar oleh seluruh
siswa dalam kelas, sambungan internet, printer, AC (Air Conditioning).
Dalam proses pembelajaran menggunakan
ruang multimedia, bentuk-bentuk informasi yang dapat ditampilkan berupa
kata-kata, gambar, video, musik, angka, atau tulisan tangan. Bagi komputer,
bentuk informasi tersebut, semuanya diolah dari data digital. Sehingga
memudahkan siswa menyerap dan mengingat materi-materi yang disampaikan dalam
proses pembalajaran.Adapun komponen yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan
pembelajaran berbasis ICT dengan menggunakan ruang multimedia antara lain:
· Sarana elektronik (komputer/laptop, LCD,
headphone dan lain-lain).
· Kemauan siswa dan guru untuk melakukan
renovasi pembelajaran.
· Sumber daya manusia (guru dan siswa).
· Kesiapan sekolah untuk menanggung beban operasional
dan biaya perawatan.
Jenis
kegiatan/tugas guru yang dapat dilaksanakan dengan menggunakan ruang multimedia
antara lain:
Menyampaikan
materi (presentasi). Salah satu bentuk tugas yang paling sederhana yang dapat
dilakukan adalah menyampaikan materi pelajaran menggunakan media
komputer/laptop dan LCD. Materi disampaikan kepada siswa dengan menayangkan
materi pada layar dan siswa dapat mengikuti bersama-sama. Keterampilan yang
dapat digunakan yaitu dengan mengolah materi menggunakan program MS Power
Point. Kemudian dapat dikembangkan lagi menggunakan program Windows Movie
Maker, Ulead VideoStudio dan lain-lain. Bahkan dengan menayangkan video yang
berhubungan dengan materi juga bisa dilakukan tanpa guru.
· Memutar lagu/musik disela-sela kegiatan
belajar siswa, misalnya saat siswa mengakses materi pelajaran melalui internet.
· Memutar video yang berkaitan dengan
materi pembelajaran
· Menampilkan gambar yang berkaitan dengan
materi pembelajaran.
· Mengirim informasi/pesan dari guru
(komputer server) ke siswa (komputer client).
· Mengirim tugas/ulangan kepada siswa
dan mengumpulkannya kembali melalui komputer server.
· Memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengakses materi melalui internet.
· Menggunakan ruang ini sebagai laboratorium bahasa karena di dalamnya
terdapat headphone yang disambungkan dengan tiap computer dan bisa mendengar suara
guru dari computer server.
Upaya membuat anak betah belajar
disekolah dengan memanfaatkan teknologi multimedia, merupakan kebutuhan, sehingga
sekolah tidak lagi menjadi ruangan yang menakutkan dengan berbagai tugas dan
ancaman yang justru mengkooptasi kemampuan atau potensi dalam diri siswa. Untuk
itu, peran serta masyarakat dan orangtua , komite sekolah merupakan partner
yang dapat merencanakan dan memajukan sekolah.
Kelebihan Multimedia Dalam Pendidikan
1. Sistem pembelajaran lebih inovatif dan
interaktif
2.
Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM berkangsung sehingga akan menambah
motivasi siswa.
3. Mampu menggabungkan antara teks, gambar,
audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling
mendukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
4. Mampu menvisualisasikan materi yang
abstrak.
5. Media penyimpanan yang relative gampang
dan fleksibel
6. Membawa obyek yang sukar didapat atau
berbahaya ke dalam lingkungan belajar
7. Menampilkan obyek yang terlalu besar
kedalam kelas
8. Menampilkan obyek yang tidak dapat
dilihat dengan mata telanjang.
Kekurangan Multimedia Dalam Pendidikan
1. Biaya relative mahal untuk tahap awal
2. Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia
masih perlu ditingkatkan.
3. Belum memadainya perhatian dari
pemerintah
4. Belum memadainya infrastruktur untuk
daerah tertentu
Kesimpulan
Ruang
multimedia sangat berperan penting dalam peningkatan mutu pembelajaran di suatu
sekolah. Dengan adanya ruangan multimedia tersebut, proses pembelajaran akan
menjadi lebih praktis, inovatif, dan efektif.
Tinjauan
Pustaka
Andri
(2013), Multimedia Dalam Pendidikan ,
diakses pada April 27, 2018 http://andriblogg99.blogspot.co.id/p/multimedia-dalam-bidang-pendidikan.html?m=1
4. Jelaskan peranan dan manfaat
internet dalam meningkatkan kinerja profesi anda dan dampak negatif dari
perkembangan internet serta jelaskan pula manfaat blog bagi saudara.
Siapa yang
tidak kenal dengan internet? Dewasa internet menjadi kebutuhan banyak pihak
mulai dari perorangan, badan usaha, pemerintah, perusahaan dsb. Kebutuhan akan
internet ini semakin meningkat dari hari ke hari. Namun sebenarnya, apasih
internet itu? Lalu apa manfaatnya, misal dalam dunia pendidikan? Mari kita
bahas dalam ulasan artikel berikut.
Sejarah
Interconnection-networking
atau Internet merupakan merupakan seluruh jaringan komputer yang saling
terhubung meggunakan standar sistem global untuk melayani penguna di seluruh
dunia mengguankan sistem global transmission control protocol/internet
protocol (TCP/IP). Jaringan komputer yang bernama internet ini pertama
kali dibentuk pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat
melalui proyek yang disebut Advanced Research Project Agency Network
(ARPANET). Pada awalnya mereka mendemonstrasikan bagaimana kita bisa
berkomunikasi dengan jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon menggunakan
software dan hardware komputer berbasis UNIX. Proyek ARPANET yang merancang
bentuk jaringan, kehandalan dan besarnya informasi yang didapatkan ini kemudian
memilki standar sendiri dan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang
kini dikenal sebagai transmission control protocol/internet protocol (TCP/IP).
Pada awalnya,
ARPANET merupakan proyek yang ditujukan untuk keperluan militer. Sistem
jaringan tersebut dibuat Departemen Pertahanan Amerika Serikat secara tersebar
dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah penting untuk mengatasi masalah
apabila terdapat serangan nuklir serta untuk menghindari adanya informasi
terpusat yang sewaktu-waktu dapat dihancurkan oleh musuh ketika perang. Konon
ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yang terdiri dari Stanford
Research Institue, University of California, Santa Barbara dan University of
Utah.
Setelah
diperkenalkan secara umum pada tahun 1972, ARPANET kemudian mejadi proyek yang
berkembang pesat diseluruh daerah hingga membuat semua universitas di negara
tersebut ingin bergabung. Dikarenakan kewalahan menghadapi permintaan, ARPANET
kemudian dipecah menjadi dua menjadi “MILNET” untuk keperluan militer dan
“ARPANET” baru yang lebih kecil untuk melayani keperluan non militer. Nah,
gabungan antara MILNET dan ARPANET ini disebut dengan DARPA Internet, yang
kemudian disederhanakan menjadi internet.
Internet ini
kemudian dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi
teknikal. Spesifikasi teknikal merupakan protokol yang menerangkan perpindahan
data antar rangkaian yang dibentuk berdasarkan perbincangan Internet
Engineering Task Force (IETF). Nah, IRTF ini merupakan badan yang
mengeluarkan dokumen yang dikenal sebagai Request for Comments (RFC),
yang kemudian sebagian dari dokumen tersebut dijadikan sebagai standar internet
(Internet Standard) oleh Badan Arsitektur Internet (Internet
Architechture Board).
Beberapa
protokol yang sering digunakan dalam internet antara lain IP, TCP, UDP, DNS,
PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP dan SSL.
Sedangkan layanan yang populer dalam internet menggunakan protokol tersebut
adalah surat eletronik (e-mail), Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (file
sharing), world wide web (WWW), Gopher, akses sesi (session access), WAIS,
finger, IRC, MUD dan MUSH. Internet juga memungkinkan pengguna untuk
mendapatkan layanan terkini seperti web radio webcast dsb yang dapat diakses di
seluruh dunia.
Manfaat Internet Bagi
Pendidikan
Internet memungkinkan pengguna
untuk memiliki akses yang mudah atas berbagai macam informasi. Bahkan
diandingkan dengan buku dan perpustakaan, penyebaran informasi dan data melalui
internet dapat dikatakan lebih ekstrim. Internet telah banyak mempengaruhi ilmu
dan pandangan dunia. Dalam dunia pendidikan, internet memberikan manfaat antara
lain sebagai berikut.
- Sarana mencari informasi
Internet
dapat digunakan sebagai sarana mencari berbagai informasi di dunia pendidikan,
yang bahkan lebih update dari buku maupun perpustakaan. Dapat dikatakan pula
bahwa hampir semua informasi mengenai pendidikan dapat kita akses melalui
internet, antara lain seperti materi pelajaran, kurikulum, silabus, soal-soal
maupun cara mengerjakannya.
- Sarana mempermudah pencarian referensi
Selain sebagai sarana mencari
informasi, internet juga mempermudah pengguna untuk pencarian literatur. Hanya
dengan mengetikkan kata kunci sesuai dengan keinginan Anda, maka informasi yang
terkait dengan kata kunci tersebut akan langung tersedia.
- Sebagai sarana pembelajaran
Internet dapat digunakan sebagai
sarana pembelajaran bagi siswa untuk mencari informasi lebih mengenai materi
yang belum, sedang dan akan dipelajari di sekolah. Hal ini juga sama berlakunya
untuk mahasiswa. Selain itu, internet juga merupakan wadah yang memberikan
kesempatan bagi siapa saja untuk mempelajari hal-hal baru melalui tips&trik
maupun tutorial mengenai sesuatu hal.
- Menyediakan fasilitas multimedia
Internet sebagai penyedia
informasi memiliki kelebihan dibandingkan dengan buku. Untuk memperoleh
informasi dari internet, orang dapat membaca, mendengarkan,menonton video dari
internet. Selain itu, dengan fasilitas multimedia di internet ini dapat
membantu memudahkan pengguna untuk lebih memahami infromasi karena adanya tambahan
contoh, gambar, animasi dsb.
- Penyedia sumber informasi yang relatif murah
Bagi orang yang membutuhkan
informasi secara sesaat maupun mendadak, internet merupakan penyedia sumber
informasi yang dibutuhkan yang relatif murah apabila dibandingkan dengan
membeli buku maupun majalah. Selain itu internet juga meringankan beban siswa
maupun mahasiswa yang tidak mampu dalam mencari materi pembelajaran tanpa harus
membeli buku yang notabene lebih mahal.
- Sebagai penyedia sumber pelajaran tambahan
Internet dapat memungkinkan
pengguna untuk memperoleh informasi tambahan atau sumber pelajaran tambahan
yang tidak didapatkan di sekolah.
- Sarana mencari beasiswa
Tidak semua informasi mengenai
beasiswa dapat kita akses di lingkunga sekolah maupun kampus. Dengan internet,
kita juga dapat mengakses informasi mengenai beasiswa di dalam maupun di luar
negeri secara lebih luas.
- Mendorong penguasaan bahasa asing
Internet memungkinkan pengguna
untuk mengakses informasi tanpa batas, termasuk informasi yang penting dan
menarik dari luar negeri. Hal ini dapat mendorong pengguna untuk menguasai
bahasa asing dengan cara yang menarik, misalnya dengan membaca artikel yang
disukai, mendengarkan lagu, menonton berita dsb dalam bahasa asing tersebut.
- Mendorong kreatifitas dan kemandirian
Infromasi yang diperoleh melalui
internet dapat memberikan seseorang inspirasi untuk lebih mengembangkan
kreatifiasnya dalam berkarya. Internet juga dapat mendorong dan memotivasi
siswa maupun mahasiswa dalam mengembangkan intelektual dapat mengembangkan
penelitian dan ilmu pengetahuan baik secara teoritis maupun terapan. Selain
itu, orang yang lihai dalam menggunakan internet juga terlihat lebih mandiri
dalam mencari infromasi yang dibutuhkan.
- Sarana pendidikan jarak jauh
Internet memungkinkan kita untuk
melakukan pendidikan jarak jauh. Bahkan ada beberapa universitas yang
menyediakan kuliah online yang memungkinkan mahasiswanya untuk
melaksakan kuliah dengan jarak jauh. Atau, kitapun dapat mengakses modul
pembelajaran dari jarak yang jauh tanpa peduli dimanapun kita berada.
- Sarana penyimpanan informasi
Terkadang, informasi maupun
materi pelajaran yang kita catat dalam buku dapat hilang maupun terselip entah
di mana. Dengan adanya internet, Anda dapat menyimpan berbagai macam informasi
maupun materi pelajaran di internet dan dapat Anda akses sewaktu-waktu tanpa
takut kehilangan.
Dampak Negatif Internet
Meskipun demikian, internet juga
dapat memberikan dampak negatif bagi dunia pendidikan seperti berikut.
- Membuat siswa malas
Mudahnya akses dan kelebihan
yang ditawarkan oleh internet tidak jarang membuat siswa lebih malas dan kurang
produktif. Dengan keyakinan bahwa akan selalu ada informasi yang tersedia di
internet terkadang membuat siswa hanya mengkopi dan tempel infromasi yang ada
di internet.
- Mengurangi fokus
Banyaknya aplikasi menarik di
internet seperti sosial media ataupun aplikasi chatting terkadang memberikan
gangguan terbesar bagi siswa dalam belajar. Selalu terhubung dalam dunia online
dapat mengakibatkan kurang fokusnya siswa dalam bidang akademik, olahraga
maupun kegiatan esktrakuliluler.
Demikian merupakan informasi
yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat internet bagi dunia pendidikan.
Bagaimanapun juga, internet bagaikan dua mata pisau yang berbeda. Meskipun ia
memberikan banyak manfaat terlebih bagi dunia pendidikan, di sisi lain ia juga
memberikan dampak negatif. Semoga kita lebih bijak dalam menggunakannya
Manfaat Blog
Apa Pentingnya Blogging?
5 Manfaat Blogging Yang Penting Anda Ketahui
Media sosial
ini sudah lama ada tetapi popularitasnya malah makin meningkat dari waktu ke
waktu. Blog menjadi wadah bagi penggunanya untuk bersuara menyampaikan informasi
atau pun opini. Seiring perkembangannya, blog bukan saja menjadi wadah tulisan
bagi mereka yang memiliki pemikiran, tetapi bisa menjadi lahan uang melalui
bisnis online hingga menjadi tempat hiburan eletronik. Blog sejatinya sama saja
dengan website. Namun yang membedakan hanyalah segi fungsional dan sifat
profesionalismenya saja.
Perlu
kita ketahui bahwa blogging umum sekali digunakan untuk istilah yang
merepresentasikan aktivitas nge-blog. Aktivitas pengguna dalam membangun
blog-nya itulah yang disebut dengan blogging. Lalu apa pentingnya blogging? Blog,
bagi saya dan banyak orang, menjadi wadah untuk berbagi, menyampaikan informasi
dan opini, hingga menjadi bisnis untuk mendongkrak pemasukan dari yang paling
kecil hingga keuntungan besar-besaran. Blog bukan lagi alat untuk sekedar
menyampaikan curhatan. Blog bukan lagi menjadi ‘mainan’ asal-asalan seperti
yang (sebenarnya) salah digunakan oleh orang-orang. Blog, dari segi
simplisitasnya, mengandung banyak sekali potensi yang sebenarnya bisa kita
gunakan untuk berbagai kepentingan. Mulai dari menyebarkan pendapat Anda kepada
orang-orang terkait isu-isu tertentu, menuliskan sesuatu yang menurut Anda
menarik, hingga untuk kepentingan bisnis. Lebih jauh, blog memiliki banyak
sekali manfaat tergantung dari bagaimana Anda memanfaatkan potensi blog itu
sendiri. Dari sekian banyak manfaat, inilah 5 manfaat blogging yang penting
Anda ketahui.
1. Melatih Anda
Berbahasa
Sama seperti menulis buku dan
latihan berbicara di depan umum, manfaat blogging secara perlahan melatih Anda
berbahasa untuk jangka panjang. Terlatih menulis di blog, seperti menulis buku,
membuat Anda selalu berpikir untuk merangkai kata-kata sehingga perlahan Anda
mulai baik dalam berbahasa yang nantinya akan sangat berguna ketika Anda
benar-benar menulis buku, menulis essay di perkuliahan atau pun karya ilmiah,
dan juga bentuk komunikasi lainnya.
2. Memperluas
Pengetahuan Umum
Ketika Anda berusaha memberikan
informasi dan opini kepada pembaca melalui postingan di blog Anda, hal yang
seharusnya Anda lakukan adalah melakukan riset tentang data dan fakta dari
topik yang akan Anda tuliskan agar informasi dan opini yang Anda berikan
seminimal mungkin tidak keliru dan sesuai dengan fakta yang ada. Ketika Anda
berusaha menuliskan topik tersebut dan mencari data, saat itu jugalah Anda
mendapatkan berbagai informasi tambahan dari berbagai sumber.Jika sering
dilakukan maka perlahan Anda juga memiliki kesempatan untuk memperluas
pengetahuan umum. Inilah salah satu manfaat blogging yang paling terasa bagi
kebanyakan blogger, termasuk saya sendiri.
3. Menambah Teman
Di Indonesia
saja sudah banyak sekali blogger aktif yang rajin meng-update blog-nya dengan
beragam topik. Ada juga berbagai komunitas blogger, baik regional maupun
nasional, yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah teman melalui event atau pun
gathering yang diadakan. Blogger pada umumnya punya daya kreativitas yang
tinggi dan pengetahuan yang luas, sehingga Anda berkesempatan untuk berbagi
pengetahuan dengan mereka.
4. Mencari Uang Tambahan
Blogging
tidak selalu berarti ‘mengungkapkan omong kosong’ kepada khalayak ramai melalui
internet, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mencari uang tambahan, bahkan
menjadi sumber pendapatan utama. Dari berbagai sumber yang saya baca, ada
banyak sekali blogger yang menjadikan blogging sebagai profesi utama di India.
Blog mereka sering juga saya jadikan referensi dalam membangun blog ini
sendiri. Dan dari data yang mereka berikan, pendapatan yang bisa mereka
dapatkan dari blog sangat besar jumlahnya. Kebanyakan metode make money online yang
mereka gunakan antara lain:
– Menulis Ebook
– Affiliate Marketing (Amazon,
Ebay, Clickbank, dan sebagainya)
– Menjadi konsultan blogging dan
SEO
– Menjadi pembuat theme
WordPress, plugin WordPress, hingga pembuat logo website.
– dan masih banyak lagi.
Nah, dengan blog ini saya
sendiri mendapatkan pendapatan melalui afiliasi, layanan iklan, mempromosikan
produk dan website lain melalui artikel, dan menjadi mentor SEO. Ada banyak
sekali cara lain yang bisa Anda manfaatkan. Contoh, jika Anda mahir dalam hal
graphic design, Anda bisa menampilkan karya Anda di blog dan tawarkan jasa
pembuatan design bagi mereka yang membutuhkan. Misalnya pembuatan logo, design
web, sampul buku/ebook, dan sebagainya.
5. Melek Teknologi
Ini mungkin terdengar sepele
tetapi berpengaruh signifikan apalagi di era serba digital saat ini. Anda tidak
serta-merta membuat blog dan mengisinya tetapi Anda juga harus mengerti
bagaimana mengoperasikannya. Bagaimana mengatur tampilan, halaman, sidebar,
mengaktifkan fitur lain yang mungkin berpengaruh seperti Google Analytic,
webmaster, SEO, dan fitur penting lain seperti Alexa Rank dan lain sebagainya.
Jika Anda
sudah jauh lebih serius dalam hal blogging, maka kemudian Anda akan mengenal
tool penting lainnya yang tentu harus Anda pelajari bagaimana cara
menggunakannya. Ada juga software khusus untuk blogging yang bisa selalu Anda
manfaatkan sehingga pada akhirnya Anda akan melek teknologi. Pada prinsipnya
hampir semua hal penggunaannya sama sehingga jika Anda mahir menggunakan satu
tool maka kemungkinan besar Anda akan bisa mahir mengoperasikan tool lainnya.
Kesimpulan
Pentingnya
blogging sudah disadari bahkan di masa awal terciptanya. Pada awalnya blog sama
saja penggunaannya seperti buku harian. Tetapi dalam perkembangannya, manfaat
blogging ternyata jauh lebih banyak bila kita sudah menyadarinya. Itulah
manfaat blogging dari Seni Berpikir, apa pendapat Anda?
Tinjauan
Pustaka
Manfaat.co.id (2018) Artikel10 Manfaat Internet bagi Pendidikan,
diakses April, 27, 2018
Komentar
Posting Komentar