UTS




UJIAN TENGAH SEMESTER

Untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi
Dosen Pengampu : DR. Hudiana Hermawan M.S


















Oleh :
RULLY S. MAULANA
17861016



PASCA SARJANA
KONSENTRASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
INSTITUT PENDIDIKAN INDONESIA
GARUT




Jelaskan peranan dan manfat Teknologi Informasi dalam meningkatkan kinerja profesi anda dan dampak negative dari perkembangan Teknologi Informasi.
Jawaban No. 1

Pendidikan merupakan proses belajar dan mengajar yang bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Berdasarkan pengertian pendidikan tersebut maka teknologi informasi sangat berperan penting dalam penyelenggaraan pendidikan karena intensitas kebutuhan pendidikan yang dari masa ke masa semakin meningkat. Dunia  pendidikan sangat diuntungkan  dari  kemajuan teknologi  informasi karena memperoleh manfaat yang luar biasa dalam menunjang penyelengaraan pendidikan. Dalam paper ini saya akan membahas tentang apa saja peranan teknologi informasi dalam dunia pendidikan.
Menurut sejarah, pendidikan telah dilaksanakan sejak manusia berada dimuka bumi. Adanya pendidikan sudah setua kehidupan manusia. Dengan perkembangan peradaban manusia, berkembang pula isi dan bentuk termasuk perkembangan dan pemikiran ide-ide tentang pendidikan.  Perkembangan pendidikan ini sudah semakin kompleks karena keterbatasan jarak dan waktu.
Dikarenakan hal-hal diatas maka pendidikan sangat membutuhkan teknologi informasi agar bias mempermudah proses belajar mengajar tanpa adanya sekat-sekat antara pendidik dan peserta didik. Teknologi informasi adalah alat bantu untuk membuat data, mengelolah data menjadi informasi. Teknologi informasi merupakan hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehinggi pengiriman informasi akan lebih cepat, lebih luas penyebaranya lebih banyak dll.
Peranan teknologi informasi dalam dunia pendidikan mengapa disebut sangat penting? Karena teknologi informasi dalam dunia pendidikan memberikan kemudahan dalam akses, dengan kata lain teknologi informasi digunakan sebagai fasilitator dalam pemerataan penyebaran ilmu pengetahuan dalam pendidikan.
Dalam paper ini saya akan membahas tentang peranan teknologi dan fungsinya dalam dunia pendidikan. Pada tulisan ini di jelaskan tentang keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan.



1.      Pembahasan

a.      Pendidikan
Arti Pendidikan Luas yaitu segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Arti pendidikan sempit yaitu pengajaran pendidikan yang diselenggarakan disekolah sebagai lembaga pendidikan resmi. Arti pendidikan alternative yaitu usaha sadar yang dilakukang oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan yang berlangsung di sekolah dan diluar sekolah sepanjang hayat.
Tujuan pendidikan adalah sesuatu yang ingin dicapai oleh kegiatan pendidikan. Ada bermacam-macam tujuan pendidikan menurut para ahli. M.J. Lengeveld mengemukakan enam macam tujuan pendidikan yaitu (1) tujuan Umum, total atau akhir yaitu mencapai kedewasaan, (2) Tujuan khusus yaitu penghususan tujuan umum atas dasar berbagai hal. Misalnya bakat dan minat, (3) tujuan tak lengkap yaitu tujuan yang hanya menyakut sebagian aspek kehidupan manusia, misalnya aspek psikologis, aspek biologi. (4) tujuan sementara adalah tujuan yang dimaksud untuk sementara dan kalau sudah dicapai tujuan itu ditinggalkan (5) tujuan intermedier yaitu tujuan perantara bagi tujuan lainya yang pokok, (6) tujuan incidental yaitu tujuan yang dicapai pada saat-saat tertentu, seketika, spontan. misalnya orang tua meminta anaknya duduk dengan sopan.
Fungsi pendidikan adalah hubungan tugas atau misi yang menjadi kewajiban dan cita-cita dan harus dilaksanakan oleh pendidikan. contohnya Fungsi pendidikan diindonesia menurut pasal 3 UU No.20 Tahun 2003,  “pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa…”. Fungsi pendidikan ini sangat luas karena menyentuh segala aspek kehidupan manusia.
Pendidikan sebagai sebuah system yaitu Masukan -> Transformasi -> keluaran -> kembali ke masukkan. Komponen yang menjadi sebuah system pendidikan adalah Tujuan & prioritas, Siswa, Pengelolaan, Struktur dan jadwal, Materi (isi), Pendidik, Sarpras (fasilitas, teknologi dan media), Pengawasan mutu, Penelitian dan Biaya.





b.      Teknologi Informasi
Definisi teknologi informasi yaitu istilah yang berkaitan erat dengan penggunaan komputer sebagai alat bantu untuk membuat data, mengelola data dan informasi dan merupakan Hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi. Fungsinya adalah agar informasi lebih cepat samapai, informasi disebarkan lebih luas, ukuran informasi lebih besar/banyak dan informasi mudah didapatkan.
Teknologi informasi telah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap masyarakat luas dan dunia umumnya. Kemajuan dalam bidang teknologi ini sangat pesat dan telah berda dalam semua aspek kehidupan, dan sudah mampu menembus batas-batas budaya, geografis, politik, ekonomi, dan sebagainya, dan hamper tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.

c.       Peranan Teknologi Informasi dalam Pendidikan
Pendidikan sangat diuntungkan  dari  kemajuan teknologi  informasi karena memperoleh manfaat yang luar biasa. Mulai dari eksplorasi materi-materi pembelajaran berkualitas  seperti  literatur,  jurnal,  dan  buku,  membangun  forum -forum  diskusi  ilmiah, sampai  konsultasi/diskusi  dengan  para  pakar  di  dunia,  semua  itu  dapat  dengan  mudah dilakukan dan tanpa mengalami sekat-sekat karena setiap individu dapat melakukannya sendiri. Dampak yang sedemikian luas tersebut telah memberikan warna atau wajah baru dalam sistem pendidikan dunia, yang dikenal dengan berbagai istilah e-learning, distance learning, online  learning, web  based  learning, computer-based  learning,  dan virtual class  room,  dimana  semua  terminologi  tersebut  mengacu  pada  pengertian  yang  sama yakni pendidikan berbasis teknologi informasi.
Pengembangan  dan  penerapan teknologi  informasi juga  bermanfaat  untuk pendidikan   dalam  kaitannnya  dengan  peningkatan  kualitas  pendidikan  nasional Indonesia. Kondisi  geografis  Indonesia  dengan  sekian  banyak  pulau  yang  terpencarpencar dan relief permukaan buminya  yang tidak bersahabat maka penerapan teknologi informasi sangat  tepat  digunakan  dalam  dunia pendidikan. Teknologi  informasi diandalkan menjadi fasilitator utama untuk peme rataan pendidikan di Indonesia dengan kemampuan pembelajaran jarak jauh tidak terpisah oleh ruang, jarak dan waktu. Untuk pencapaian daerah-daerah yang sulit tentunya penerapan teknologi informasi dilakukan dengan tepat di Indonesia. Adapun manfaat teknologi informasi bagi bidang pendidikan yang lain adalah:
1.      akses ke perpustakaan
2.      akses ke pakar
3.      melakukan kuliah/pembelajaran online
4.      menyediakan  layanan  informasi  akademi   dan  administrasi  suatu  institusi pendidikan
5.      menyediakan fasilitas mesin pencari data
6.      menyediakan fasilitas diskusi
7.      menyediakan fasilitas direktori alumni ke sekolah
8.      menyediakan fasilitas kerjasama
Dalam kehidupan kita sekarang dan di masa mendatang, teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan dalam semua bidang salah satunya di bidang pendidikan. Perubahan globalisasi telah memicu pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional kearah pendidikan yang lebih terbuka, luwes, dan dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun.
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pengadaan sistem pendidikan jarak jauh bisa lebih mudah dilakukan. Masalah  utama yang muncul dalam sistem pendidikan jarak jauh adalah tidak adanya interaksi antara peserta didik dengan pengajar secara  berlanjut. Tetapi, dengan media internet sangat dimungkinkan bisa mengatasi masalah tersebut baik secara real time atau tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Yang tidak real time dapat  dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan bulletin board. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi pengajar dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download oleh peserta didik. Demikian pula dengan ujian dan kuisnya dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di dukung dengan metode pembayaran online.
TIK mempunyani peran yang luar biasa dalam bidang pendidikan. Berbagai perangkat lunak seperti microsoft office atau OpenOffice memudahkan para pelajar dalam negerjakan tugas, seperti laporan praktikum dan artike, juga ketika mempresentasikan tugas di kelas.
Sistem pengajaran berbasi multimedia (teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara, dan video) mampu membuat penyajian suatu topik bahasan menjadi menarik, tidak monoton dna mudah dicerna. Seorang murid atau mahasiswa dapat mempelajari materi tertentu secara mandiri dengan menggunakan komputer yang dilengkapi program yang berbasis multimedia. Dengan sentuhan teknologi komputer, berbagai pelajaran yang sering dianggap sulit, seperti fisika ataupun matematika, dapat disajikan dengan cara yang menarik sehingga siswa menyenangi sekaliugus memahaminya dengan lebih mudah. Teknlogoi berbasis flash biasa digunakan untuk keperluan ini. Bahkan yang namanya belajar bahasa asing pun bisa dilakukan dengan menggunakan komputer.
Berbagai program pembelajaran bahasa asing yang dikemas dalam bentuk CD maupun mengevaluasi ucapan pembelajar. Program bisa mengomentari lafal pembelajar, sesuai dengan penutur asli atau tidak. Karean tidak berinteraksi dengan orang lain, seseorang yang sedang belajar bahasa asing tidak merasa malu mengucapkan kata-kata secara salah. Tanpa terasa mereka pun menguasai cara melafalkan kata-kata tersebut. Agar proses belajar berlangsung menarik, program bisanya memadukan samsun chat pendidikan dengan hiburan.  Konsep ini melahirkan perangkat lunak yang tergolong sebagai edutainment, yang merupakan perpaduan antara education dan entertainement. Teknologi internet ikut berperan dalam neciptakan e-learning atau pendidikan jarak jauh.
Belajar tidak lagi harus dilakukan di kelas, tetapi dari mana saja, sepanjang komputer yang digunakan bisa terhubung ke internet. Bahkan, seseorang bisa kuliah di universitas yang berada di negara lain tanpa harus tinggal di negara bersangkutan. Berkat internet pula, berbagai buku dalam bentuk digital atau yang diebut sebagai ebook ataupun beragam hasilnya penelitian bisa diperoleh dengan mudah sehingga memudahkan setiap oerang yang bermaksud mencari atau mengembangkan pengetahuan.
Arti TIK bagi dunia pendidikan seharusnya berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkan program pendidikan. Namun hal Pemanfaatan TIK ini di Indonesia baru memasuki tahap mempelajari berbagai kemungkinan pengembangan dan penerapan TIK untuk pendidikan memasuki milenium ketiga ini. Padahal penggunaan TIK  ini telah bukanlah suatu wacana yang asing di negeri Paman Sam sana. Pemanfaatan IT dalam bidang pendidikan sudah merupakan kelaziman di Amerika Serikat pada dasawarsa yang telah lalu. Ini merupakan salah satu bukti utama ketertinggalan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa di dunia.   Informasi yang diwakilkan oleh komputer yang terhubung dengan internet sebagai media utamanya telah mampu memberikan kontribusi yang demikian besar bagi proses pendidikan. Teknologi interaktif ini memberikan katalis bagi terjadinya perubahan medasar terhadap peran guru: dari informasi ke transformasi. Setiap sistem sekolah harus bersifat moderat terhadap teknologi yang memampukan mereka untuk belajar dengan lebih cepat, lebih baik, dan lebih cerdas. Dan Teknologi Informasi dan komunikasi yang menjadi kunci untuk menuju model sekolah masa depan yang lebih baik.
Usaha-usaha dari anak-anak bangsa juga terus dilakukan untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dalam hal penyampaian proses pendidikan dengan penggunaan TIK. Semisalnya, baru-baru ini Telkom, Indosat, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) menyatakan kesiapannya untuk mengembangkan IT untuk pendidikan di Indonesia, dimulai dengan proyek-proyek percontohan. Telkom menyatakan akan terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan telekomunikasi yang diharapkan dapat menjadi tulang punggung (backbone) bagi pengembangan dan penerapan IT untuk pendidikan serta implementasi-implementasi lainnya di Indonesia. Bahkan, saat ini Telkom mulai mengembangkan teknologi yang memanfaatkan ISDN (Integrated Sevices Digital Network) untuk memfasilitasi penyelenggaraan konferensi jarak jauh (teleconference) sebagai salah satu aplikasi pembelajaran jarak jauh.
Banyak aspek dapat diajukan untuk dijadikan sebagai alasan-alasan untuk mendukung pengembangan dan penerapan IIK untuk pendidikan dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas pendidikan nasional Indonesia. Salah satu aspeknya ialah kondisi geografis Indonesia dengan sekian banyaknya pulau yang terpencar-pencar dan kontur permukaan buminya yang seringkali tidak bersahabat, biasanya diajukan untuk menjagokan pengembangan dan penerapan TIK  untuk pendidikan. TIK  sangat mampu dan dijagokan agar menjadi fasilitator utama untuk meratakan pendidikan di bumi Nusantara, sebab TIK  yang mengandalkan kemampuan pembelajaran jarak jauhnya tidak terpisah oleh ruang, jarak dan waktu. Demi penggapaian daerah-daerah yang sulit tentunya diharapkan penerapan ini agar dilakukan sesegera mungkin di Indonesia.

Terdapat 6 peranan TIK dalam bidang pendidikan, antara lain:
A. TIK sebagai skill dan kompetensi
Penggunaan TIK harus proporsional maksudnya  TIK bisa masuk ke semua lapisan masyarakat tapi sesuainya dengan porsinya masing-masing.
B. TIK sebagai infratruktur pembelajaran
 Tersedianya bahan ajar dalam format digital The network is the school belajar dimana saja dan kapan saja
C. TIK sebagai sumber bahan belajar
Ilmu berkembang dengan cepat Guru-guru hebat tersebar di seluruh penjuru dunia Buku dan bahan ajar diperbaharui secara kontinyu Inovasi memerlukan kerjasama pemikiran. Tanpa teknologi, pembelajaran yang up-to-date membutuhkan waktu yang lama
D. TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran
Penyampaian pengetahuan mempertimbangkan konteks dunia nyata Memberikan ilustrasi berbagai fenomena ilmu pengetahuan untuk mempercepat penyerapan bahan ajar  Pelajar melakukan eksplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih luas dan mandiri. Akuisisi pengetahuan berasal dari interaksi mahasiswa dan guru, Rasio antara pengajar dan peserta didik sehingga menentukan proses pemberian fasilitas
E. TIK sebagai pendukung manajemen pembelajaran
Tiap individu memerlukan dukungan pembelajaran tanpa henti tiap harinya,Transaksi dan interaksi interaktif antar stakeholder memerlukan pengelolaan back office yang kuat, Kualitas layanan pada pengeekan administrasi ditingkatkan secara bertahap, Orang merupakan sumber daya yang bernilai
F. TIK sebagai sistem pendukung keputusan
 Tiap individu memiliki karakter dan bakat masing-masing dalam pembelajaran
    Guru meningkatkan kompetensinya pada berbagai bidang ilmu
    Profil institusi  pendidikan diketahui oleh pemerintah.
2.      Kesimpulan dan Saran
Dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin berkembanganya peradaban manusia, berkembang pula isi dan bentuk termasuk perkembangan dan pemikiran ide-ide tentang pendidikan.  Kebutuhan akan pendidikan ini akan selalu menigkat dan disitulah peranan teknologi informasi yang mempermudah mendapatkan suatu pendidikan.


3.      Kajian Pustaka No. 1
1)      Buku Pengantar Pendidikan (Redjo Mudyahardjo, 2013)
Menjelasakan tentang arti pendidikan, tujuan pendidikan, fungsi pendidikan, pendidikan sebagai system.
2)      Materi Kuliah Pengatar Teknologi Informasi (Hanna P Chernovita)
Menjelasakan tentang definisi teknologi informasi dan kegunaan teknlogi informasi.

3)      Makalah Penggunaan teknologi informasi komunikasi dan dampaknya dalam dunia pendidikan (Suripto, 2011)
4)      Mudyahardjo, Redja. (2013). Pengantar Pendidikan. Vol.1
5)      Suripto. (2011). Penggunaan teknologi informasi komunikasi dan dampaknya dalam dunia pendidikan. Diakses  November 19, 2014, dari http://ejurnal.veteranbantara.ac.id
6)      Wisnu (2014) Peranan TIK dalam Pendidikan, Diakses, April 27, 2018 dari http://wisnusakasaputra.blogspot.co.id/2014/02/peranan-tik-teknologi-informasi-dan_1.html
7)      Weynan (2014) Paper Peranan Teknologi Informasi dalam dunia Pendidikan , Diakses April 27, 2018, dari https://www.academia.edu/9607992/Peranan_Teknologi_Informasi_Dalam_Dunia_Pendidikan


2. Komputer terdiri atas software, Hardware, dan Brainware. Jelaskan keetiga bagian itu! Jelaskan pula jenis-jenis alat input dan alat output computer dan fungsinya! Berikan pula contoh-contohnya.

Pengertian Hardware atau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras. Contoh dari Hardware adalah sebagai berikut:




  1. Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Keyboard, Mouse, scanner, dan Joystick.
  2. Perangkat Pemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya adalah CPU, ALU.
  3. Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.

Pengertian Software atau Perangkat Lunak adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang doformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah komputer. Contoh dari Software adalah sebagai berikut:


   
  1. Sistem Operasi: Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan Pengguna/User.
  2. Software Aplikasi: Merupakan Software yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Contohnya adalah Software paket aplikasi perkantoran seperti Libre Office dan Microsoft Office.
  • Pengertian Brainware atau Perangkat Manusia adalah orang yang menggunakan atau mengoprasikan komputer. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter (sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing di Internet), dan orang-orang yang sedang menggunakan komputer.
  • Hubungan Antara Hardware, Software, dan Brainware


Pengertian Hardware, Software, dan Brainware di atas tentu memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya. Seperti pada gambar, bahwa ketiga elemen tersebut memiliki keterkaitan untuk menciptakan sebuah komputer yang berguna.
Hardware atau Perangkat Keras komputer apabila ada tanpa Software, maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna. Karena Software tercipta untuk mengisi fungsionalitas pada komputer tersebut sehingga terciptalah sebuah komputer yang memiliki fungsi untuk digunakan.
Apabila Hardware dan Software komputer telah tercipta, apabila tidak terdapat Brainware untuk mengoperasikannya, maka komputer tersebut hanyalah sebagai mesin yang tidak memiliki fungsi. Bisa dikatakan hanyalah sebuah Robot yang diam. Jadi, Brainware atau pengguna merupakan salah satu elemen penting untuk mengoperasikan komputer agar tercipta komputer yang memiliki fungsionalitas dan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengguna.
Kesimpulan Pengertian Hardware, Software, dan Brainware
Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa Pengertian Hardware, Software, dan Brainware merupakan elemen atau pondasi penting untuk membangun sebuah komputer yang memiliki fungsionalitas dan berguna bagi manusia.

PENGERTIAN ALGORITMA
Sistim kerja komputer memiliki brainware, hardware, dan software. Tanpa salah satu dari ketiga sistim tersebut, komputer tidak akan berguna. Kita akan lebih fokus pada software komputer. Software terbangun atas susunan program (silahkan baca mengenai pengertian algoritma) dan syntax (cara penulisan/pembuatan program). Untuk menyusun program atau  syntax, diperlukannya langkah-langkah yang sistematis dan logis untuk dapat menyelesaikan masalah atau tujuan dalam proses pembuatan suatu software. Maka, Algoritma berperan penting dalam penyusunan program atau syntax  tersebut.
Pengertian Algoritma adalah susunan yang logis dan sistematis untuk memecahkan suatu masalah atau untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia komputer, Algoritma sangat berperan penting dalam pembangunan suatu software. Dalam dunia sehari-hari, mungkin tanpa kita sadari Algoritma telah masuk dalam kehidupan kita.
Algoritma berbeda dengan Logaritma. Logaritma merupakan operasi Matematika yang merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan. Contoh Logaritma seperti bc= a ditulis sebagai blog a = c (b disebut basis).
Contoh nyata Algoritma dalam kehidupan sehari-hari adalah “Cara Membuat Mie Instan”. Berikut langkah-langkah cara membuat mie instan:
  1. Ambil goreng di dalam lemari yang terletak di dapur.
  2. Siapkan peralatan yang diperlukan seperti panci, gunting, piring, serta sendok dan garpu.
  3. Masukkan bumbu mie instan pada piring
  4. Hidupkan kompor, kemudian tuangkan air kurang lebih tiga gelas air ke dalam panci kemudian tunggu hingga air mendidih.
  5. Masukkan mie instan ke dalam air mendidih, lalu aduk dan tunggu hingga tiga menit.
  6. Tiriskan air di dalam panci, kemudian tuangkan mie pada piring.
  7. Aduk mie agar bumbu tercampur merata pada mie kemudian sajikan dengan keadaan hangat.
Kurang lebih di atas merupakan cara membuat mie instan. Langkah-langkah di atas juga termasuk dalam Algoritma. Jadi perlu diingat bahwa Algoritma tidak hanya diterapkan pada dunia komputasi, tetapi juga Algoritma diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Sedangkan dalam dunia komputasi, contoh penggunaan Algoritma adalah dalam pembuatan program pada bahasa pemrograman seperti bahasa C, C#, dan Visual Basic. Dengan syntax pada tiap bahasa pemrograman dan Algoritma, maka akan tersusun program-program dan terlahirlah software.
Jadi intinya, Pengertian Algoritma adalah suatu langkah/urutan yang logis dan sistematis untuk pemecahan suatu masalah atau untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Kajian Pustaka
Perdana,Hani(2012), Pengertian Software, Hardware, dan Brainware. Diakses April, 27, 2018 https://technos21.wordpress.com/2012/11/20/pengertian-hardware-software-dan-brainware/

3. Jelaskan Peranan dan Manfaat multimedia dalam meningkatkan kinerja profesi anda
 Peranan Multimedia dalam Bidang Pendidikan
       Aplikasi multimedia pendidikan antara lain sebagai perangkat lunak pembelajaran, memberikan fasilitas untuk mahasiswa atau siswa untuk belajar mengambil keuntungan dari multimedia, belajar jarak jauh dan pemasaran pendidikan.
Ruang Multimedia Dalam Proses Pembelajaran
         Ruang multimedia adalah suatu ruangan dimana terdapat berbagai peralatan komunikasi elektronik guna menunjang proses pembelajaran. Peningkatan mutu pembelajaran adalah bertambahnya kualitas penyampaian materi pendidikan sehingga siswa lebih mudah dalam menangkapnya.
          Standar Internasional pembelajaran berbasis ICT dapat dilaksanakan, salah satunya dengan penggunaan ruang multimedia yang tersedia di sekolah. Ruang multimedia yang dimaksudkan adalah ruangan yang di dalamnya terdapat beberapa komputer yang cukup representatif untuk seluruh siswa dalam satu kelas dan sudah disetting dengan LAN (Local Area Network), LCD untuk menayangkan presentasi guru, headphone di tiap komputer untuk mendengarkan suara guru dari komputer induk, mikrophone dan sound sistem yang berfungsi sebagai pengeras suara sehingga dapat terdengar oleh seluruh siswa dalam kelas, sambungan internet, printer, AC (Air Conditioning).
         Dalam proses pembelajaran menggunakan ruang multimedia, bentuk-bentuk informasi yang dapat ditampilkan berupa kata-kata, gambar, video, musik, angka, atau tulisan tangan. Bagi komputer, bentuk informasi tersebut, semuanya diolah dari data digital. Sehingga memudahkan siswa menyerap dan mengingat materi-materi yang disampaikan dalam proses pembalajaran.Adapun komponen yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan pembelajaran berbasis ICT dengan menggunakan ruang multimedia antara lain:

    · Sarana elektronik (komputer/laptop, LCD, headphone dan lain-lain).
    · Kemauan siswa dan guru untuk melakukan renovasi pembelajaran.
    · Sumber daya manusia (guru dan siswa).
    · Kesiapan sekolah untuk menanggung beban operasional dan biaya perawatan.
Jenis kegiatan/tugas guru yang dapat dilaksanakan dengan menggunakan ruang multimedia antara lain:
Menyampaikan materi (presentasi). Salah satu bentuk tugas yang paling sederhana yang dapat dilakukan adalah menyampaikan materi pelajaran menggunakan media komputer/laptop dan LCD. Materi disampaikan kepada siswa dengan menayangkan materi pada layar dan siswa dapat mengikuti bersama-sama. Keterampilan yang dapat digunakan yaitu dengan mengolah materi menggunakan program MS Power Point. Kemudian dapat dikembangkan lagi menggunakan program Windows Movie Maker, Ulead VideoStudio dan lain-lain. Bahkan dengan menayangkan video yang berhubungan dengan materi juga bisa dilakukan tanpa guru.
    · Memutar lagu/musik disela-sela kegiatan belajar siswa, misalnya saat siswa mengakses materi pelajaran melalui internet.
    · Memutar video yang berkaitan dengan materi pembelajaran
    · Menampilkan gambar yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
    · Mengirim informasi/pesan dari guru (komputer server) ke siswa (komputer client).
· Mengirim tugas/ulangan kepada siswa dan mengumpulkannya kembali melalui komputer server.
    · Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengakses materi melalui internet.
    · Menggunakan ruang ini sebagai laboratorium bahasa karena di dalamnya terdapat headphone yang disambungkan dengan tiap computer dan bisa mendengar suara guru dari computer server.
          Upaya membuat anak betah belajar disekolah dengan memanfaatkan teknologi multimedia, merupakan kebutuhan, sehingga sekolah tidak lagi menjadi ruangan yang menakutkan dengan berbagai tugas dan ancaman yang justru mengkooptasi kemampuan atau potensi dalam diri siswa. Untuk itu, peran serta masyarakat dan orangtua , komite sekolah merupakan partner yang dapat merencanakan dan memajukan sekolah.




    Kelebihan Multimedia Dalam Pendidikan
    1. Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
     2. Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM berkangsung sehingga akan menambah motivasi siswa.

    3. Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
    4. Mampu menvisualisasikan materi yang abstrak.
    5. Media penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel
    6. Membawa obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
    7. Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas
    8. Menampilkan obyek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

    Kekurangan Multimedia Dalam Pendidikan

    1. Biaya relative mahal untuk tahap awal
    2. Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan.
    3. Belum memadainya perhatian dari pemerintah
    4. Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu

    Kesimpulan
           Ruang multimedia sangat berperan penting dalam peningkatan mutu pembelajaran di suatu sekolah. Dengan adanya ruangan multimedia tersebut, proses pembelajaran akan menjadi lebih praktis, inovatif, dan efektif.

Tinjauan Pustaka
Andri (2013), Multimedia Dalam Pendidikan , diakses pada April 27, 2018 http://andriblogg99.blogspot.co.id/p/multimedia-dalam-bidang-pendidikan.html?m=1

4. Jelaskan peranan dan manfaat internet dalam meningkatkan kinerja profesi anda dan dampak negatif dari perkembangan internet serta jelaskan pula manfaat blog bagi saudara.
Siapa yang tidak kenal dengan internet? Dewasa internet menjadi kebutuhan banyak pihak mulai dari perorangan, badan usaha, pemerintah, perusahaan dsb. Kebutuhan akan internet ini semakin meningkat dari hari ke hari. Namun sebenarnya, apasih internet itu? Lalu apa manfaatnya, misal dalam dunia pendidikan? Mari kita bahas dalam ulasan artikel berikut.

Sejarah
Interconnection-networking atau Internet merupakan merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung meggunakan standar sistem global untuk melayani penguna di seluruh dunia mengguankan sistem global transmission control protocol/internet protocol (TCP/IP). Jaringan komputer yang bernama internet ini pertama kali dibentuk pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek yang disebut Advanced Research Project Agency Network (ARPANET). Pada awalnya mereka mendemonstrasikan bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon menggunakan software dan hardware komputer berbasis UNIX. Proyek ARPANET yang merancang bentuk jaringan, kehandalan dan besarnya informasi yang didapatkan ini kemudian memilki standar sendiri dan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang kini dikenal sebagai transmission control protocol/internet protocol (TCP/IP).
Pada awalnya, ARPANET merupakan proyek yang ditujukan untuk keperluan militer. Sistem jaringan tersebut dibuat Departemen Pertahanan Amerika Serikat secara tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah penting untuk mengatasi masalah apabila terdapat serangan nuklir serta untuk menghindari adanya informasi terpusat yang sewaktu-waktu dapat dihancurkan oleh musuh ketika perang. Konon ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yang terdiri dari  Stanford Research Institue, University of California, Santa Barbara dan University of Utah.
Setelah diperkenalkan secara umum pada tahun 1972, ARPANET kemudian mejadi proyek yang berkembang pesat diseluruh daerah hingga membuat semua universitas di negara tersebut ingin bergabung. Dikarenakan kewalahan menghadapi permintaan, ARPANET kemudian dipecah menjadi dua menjadi “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk melayani keperluan non militer. Nah, gabungan antara MILNET dan ARPANET ini disebut dengan DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi internet.
Internet ini kemudian dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal. Spesifikasi teknikal merupakan protokol yang menerangkan perpindahan data antar rangkaian yang dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF). Nah, IRTF ini merupakan badan yang mengeluarkan dokumen yang dikenal sebagai Request for Comments (RFC), yang kemudian sebagian dari dokumen tersebut dijadikan sebagai standar internet (Internet Standard) oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architechture Board).
Beberapa protokol yang sering digunakan dalam internet antara lain IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP dan SSL. Sedangkan layanan yang populer dalam internet menggunakan protokol tersebut adalah surat eletronik (e-mail), Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (file sharing), world wide web (WWW), Gopher, akses sesi (session access), WAIS, finger, IRC, MUD dan MUSH. Internet juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan layanan terkini seperti web radio webcast dsb yang dapat diakses di seluruh dunia.

Manfaat Internet Bagi Pendidikan
Internet memungkinkan pengguna untuk memiliki akses yang mudah atas berbagai macam informasi. Bahkan diandingkan dengan buku dan perpustakaan, penyebaran informasi dan data melalui internet dapat dikatakan lebih ekstrim. Internet telah banyak mempengaruhi ilmu dan pandangan dunia. Dalam dunia pendidikan, internet memberikan manfaat antara lain sebagai berikut.
  1. Sarana mencari informasi
Internet dapat digunakan sebagai sarana mencari berbagai informasi di dunia pendidikan, yang bahkan lebih update dari buku maupun perpustakaan. Dapat dikatakan pula bahwa hampir semua informasi mengenai pendidikan dapat kita akses melalui internet, antara lain seperti materi pelajaran, kurikulum, silabus, soal-soal maupun cara mengerjakannya.
  1. Sarana mempermudah pencarian referensi
Selain sebagai sarana mencari informasi, internet juga mempermudah pengguna untuk pencarian literatur. Hanya dengan mengetikkan kata kunci sesuai dengan keinginan Anda, maka informasi yang terkait dengan kata kunci tersebut akan langung tersedia.
  1. Sebagai sarana pembelajaran
Internet dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi siswa untuk mencari informasi lebih mengenai materi yang belum, sedang dan akan dipelajari di sekolah. Hal ini juga sama berlakunya untuk mahasiswa. Selain itu, internet juga merupakan wadah yang memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk mempelajari hal-hal baru melalui tips&trik maupun tutorial mengenai sesuatu hal.
  1. Menyediakan fasilitas multimedia
Internet sebagai penyedia informasi memiliki kelebihan dibandingkan dengan buku. Untuk memperoleh informasi dari internet, orang dapat membaca, mendengarkan,menonton video dari internet. Selain itu, dengan fasilitas multimedia di internet ini dapat membantu memudahkan pengguna untuk lebih memahami infromasi karena adanya tambahan contoh, gambar, animasi dsb.
  1. Penyedia sumber informasi yang relatif murah
Bagi orang yang membutuhkan informasi secara sesaat maupun mendadak, internet merupakan penyedia sumber informasi yang dibutuhkan yang relatif murah apabila dibandingkan dengan membeli buku maupun majalah. Selain itu internet juga meringankan beban siswa maupun mahasiswa yang tidak mampu dalam mencari materi pembelajaran tanpa harus membeli buku yang notabene lebih mahal.
  1. Sebagai penyedia sumber pelajaran tambahan
Internet dapat memungkinkan pengguna untuk memperoleh informasi tambahan atau sumber pelajaran tambahan yang tidak didapatkan di sekolah.
  1. Sarana mencari beasiswa
Tidak semua informasi mengenai beasiswa dapat kita akses di lingkunga sekolah maupun kampus. Dengan internet, kita juga dapat mengakses informasi mengenai beasiswa di dalam maupun di luar negeri secara lebih luas.
  1. Mendorong penguasaan bahasa asing
Internet memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi tanpa batas, termasuk informasi yang penting dan menarik dari luar negeri. Hal ini dapat mendorong pengguna untuk menguasai bahasa asing dengan cara yang menarik, misalnya dengan membaca artikel yang disukai, mendengarkan lagu, menonton berita dsb dalam bahasa asing tersebut.
  1. Mendorong kreatifitas dan kemandirian
Infromasi yang diperoleh melalui internet dapat memberikan seseorang inspirasi untuk lebih mengembangkan kreatifiasnya dalam berkarya. Internet juga dapat mendorong dan memotivasi siswa maupun mahasiswa dalam mengembangkan intelektual dapat mengembangkan penelitian dan ilmu pengetahuan baik secara teoritis maupun terapan. Selain itu, orang yang lihai dalam menggunakan internet juga terlihat lebih mandiri dalam mencari infromasi yang dibutuhkan.
  1. Sarana pendidikan jarak jauh
Internet memungkinkan kita untuk melakukan pendidikan jarak jauh. Bahkan ada beberapa universitas yang menyediakan kuliah online yang memungkinkan mahasiswanya untuk melaksakan kuliah dengan jarak jauh. Atau, kitapun dapat mengakses modul pembelajaran dari jarak yang jauh tanpa peduli dimanapun kita berada.
  1. Sarana penyimpanan informasi
Terkadang, informasi maupun materi pelajaran yang kita catat dalam buku dapat hilang maupun terselip entah di mana. Dengan adanya internet, Anda dapat menyimpan berbagai macam informasi maupun materi pelajaran di internet dan dapat Anda akses sewaktu-waktu tanpa takut kehilangan.



Dampak Negatif Internet
Meskipun demikian, internet juga dapat memberikan dampak negatif bagi dunia pendidikan seperti berikut.
  • Membuat siswa malas
Mudahnya akses dan kelebihan yang ditawarkan oleh internet tidak jarang membuat siswa lebih malas dan kurang produktif. Dengan keyakinan bahwa akan selalu ada informasi yang tersedia di internet terkadang membuat siswa hanya mengkopi dan tempel infromasi yang ada di internet.

  • Mengurangi fokus
Banyaknya aplikasi menarik di internet seperti sosial media ataupun aplikasi chatting terkadang memberikan gangguan terbesar bagi siswa dalam belajar. Selalu terhubung dalam dunia online dapat mengakibatkan kurang fokusnya siswa dalam bidang akademik, olahraga maupun kegiatan esktrakuliluler.
Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat internet bagi dunia pendidikan. Bagaimanapun juga, internet bagaikan dua mata pisau yang berbeda. Meskipun ia memberikan banyak manfaat terlebih bagi dunia pendidikan, di sisi lain ia juga memberikan dampak negatif. Semoga kita lebih bijak dalam menggunakannya


Manfaat Blog
Apa Pentingnya Blogging? 5 Manfaat Blogging Yang Penting Anda Ketahui
Media sosial ini sudah lama ada tetapi popularitasnya malah makin meningkat dari waktu ke waktu. Blog menjadi wadah bagi penggunanya untuk bersuara menyampaikan informasi atau pun opini. Seiring perkembangannya, blog bukan saja menjadi wadah tulisan bagi mereka yang memiliki pemikiran, tetapi bisa menjadi lahan uang melalui bisnis online hingga menjadi tempat hiburan eletronik. Blog sejatinya sama saja dengan website. Namun yang membedakan hanyalah segi fungsional dan sifat profesionalismenya saja.
Perlu kita ketahui bahwa blogging umum sekali digunakan untuk istilah yang merepresentasikan aktivitas nge-blog. Aktivitas pengguna dalam membangun blog-nya itulah yang disebut dengan blogging. Lalu apa pentingnya blogging? Blog, bagi saya dan banyak orang, menjadi wadah untuk berbagi, menyampaikan informasi dan opini, hingga menjadi bisnis untuk mendongkrak pemasukan dari yang paling kecil hingga keuntungan besar-besaran. Blog bukan lagi alat untuk sekedar menyampaikan curhatan. Blog bukan lagi menjadi ‘mainan’ asal-asalan seperti yang (sebenarnya) salah digunakan oleh orang-orang. Blog, dari segi simplisitasnya, mengandung banyak sekali potensi yang sebenarnya bisa kita gunakan untuk berbagai kepentingan. Mulai dari menyebarkan pendapat Anda kepada orang-orang terkait isu-isu tertentu, menuliskan sesuatu yang menurut Anda menarik, hingga untuk kepentingan bisnis. Lebih jauh, blog memiliki banyak sekali manfaat tergantung dari bagaimana Anda memanfaatkan potensi blog itu sendiri. Dari sekian banyak manfaat, inilah 5 manfaat blogging yang penting Anda ketahui.
1. Melatih Anda Berbahasa
Sama seperti menulis buku dan latihan berbicara di depan umum, manfaat blogging secara perlahan melatih Anda berbahasa untuk jangka panjang. Terlatih menulis di blog, seperti menulis buku, membuat Anda selalu berpikir untuk merangkai kata-kata sehingga perlahan Anda mulai baik dalam berbahasa yang nantinya akan sangat berguna ketika Anda benar-benar menulis buku, menulis essay di perkuliahan atau pun karya ilmiah, dan juga bentuk komunikasi lainnya.
2. Memperluas Pengetahuan Umum
Ketika Anda berusaha memberikan informasi dan opini kepada pembaca melalui postingan di blog Anda, hal yang seharusnya Anda lakukan adalah melakukan riset tentang data dan fakta dari topik yang akan Anda tuliskan agar informasi dan opini yang Anda berikan seminimal mungkin tidak keliru dan sesuai dengan fakta yang ada. Ketika Anda berusaha menuliskan topik tersebut dan mencari data, saat itu jugalah Anda mendapatkan berbagai informasi tambahan dari berbagai sumber.Jika sering dilakukan maka perlahan Anda juga memiliki kesempatan untuk memperluas pengetahuan umum. Inilah salah satu manfaat blogging yang paling terasa bagi kebanyakan blogger, termasuk saya sendiri.
3. Menambah Teman
Di Indonesia saja sudah banyak sekali blogger aktif yang rajin meng-update blog-nya dengan beragam topik. Ada juga berbagai komunitas blogger, baik regional maupun nasional, yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah teman melalui event atau pun gathering yang diadakan. Blogger pada umumnya punya daya kreativitas yang tinggi dan pengetahuan yang luas, sehingga Anda berkesempatan untuk berbagi pengetahuan dengan mereka.
4. Mencari Uang Tambahan
Blogging tidak selalu berarti ‘mengungkapkan omong kosong’ kepada khalayak ramai melalui internet, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mencari uang tambahan, bahkan menjadi sumber pendapatan utama. Dari berbagai sumber yang saya baca, ada banyak sekali blogger yang menjadikan blogging sebagai profesi utama di India. Blog mereka sering juga saya jadikan referensi dalam membangun blog ini sendiri. Dan dari data yang mereka berikan, pendapatan yang bisa mereka dapatkan dari blog sangat besar jumlahnya. Kebanyakan metode make money online yang mereka gunakan antara lain:
–  Menulis Ebook
– Affiliate Marketing (Amazon, Ebay, Clickbank, dan sebagainya)
– Menjadi konsultan blogging dan SEO
– Menjadi pembuat theme WordPress, plugin WordPress, hingga pembuat logo website.
– dan masih banyak lagi.
Nah, dengan blog ini saya sendiri mendapatkan pendapatan melalui afiliasi, layanan iklan, mempromosikan produk dan website lain melalui artikel, dan menjadi mentor SEO. Ada banyak sekali cara lain yang bisa Anda manfaatkan. Contoh, jika Anda mahir dalam hal graphic design, Anda bisa menampilkan karya Anda di blog dan tawarkan jasa pembuatan design bagi mereka yang membutuhkan. Misalnya pembuatan logo, design web, sampul buku/ebook, dan sebagainya.


5. Melek Teknologi
Ini mungkin terdengar sepele tetapi berpengaruh signifikan apalagi di era serba digital saat ini. Anda tidak serta-merta membuat blog dan mengisinya tetapi Anda juga harus mengerti bagaimana mengoperasikannya. Bagaimana mengatur tampilan, halaman, sidebar, mengaktifkan fitur lain yang mungkin berpengaruh seperti Google Analytic, webmaster, SEO, dan fitur penting lain seperti Alexa Rank dan lain sebagainya.
Jika Anda sudah jauh lebih serius dalam hal blogging, maka kemudian Anda akan mengenal tool penting lainnya yang tentu harus Anda pelajari bagaimana cara menggunakannya. Ada juga software khusus untuk blogging yang bisa selalu Anda manfaatkan sehingga pada akhirnya Anda akan melek teknologi. Pada prinsipnya hampir semua hal penggunaannya sama sehingga jika Anda mahir menggunakan satu tool maka kemungkinan besar Anda akan bisa mahir mengoperasikan tool lainnya.
Kesimpulan
Pentingnya blogging sudah disadari bahkan di masa awal terciptanya. Pada awalnya blog sama saja penggunaannya seperti buku harian. Tetapi dalam perkembangannya, manfaat blogging ternyata jauh lebih banyak bila kita sudah menyadarinya. Itulah manfaat blogging dari Seni Berpikir, apa pendapat Anda?
Tinjauan Pustaka
Manfaat.co.id (2018) Artikel10 Manfaat Internet bagi Pendidikan, diakses April, 27, 2018

Pinem, Walter (2018), Apa Pentingnya Blogging? 5 Manfaat Blogging Yang Penting Anda Ketahui,diakses April, 27, 2018.


Komentar

Postingan Populer