Apa itu Internet
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di era globalisasi ini internet
sangat berperan penting dalam kehidupan manusia di seluruh dunia. Tanpa
memandang usia baik anak-anak, remaja
maupun dewasa semua telah menyadari tingkat kepentingan internet untuk mendukung
aktivitas manusia sehari-hari. Dimana saat ini internet menjadi salah satu
literat yang sudah biasa untuk dimiliki semua orang. Bahkan sudah tidak jarang
aktivitas-aktivitas manusia saat ini dialihkan ke internet. Semua itu dilakukan
karena semua menyadari bahwa internet sangat membantu dan mendukung dalam
kegiatan manusia. Keuntungan yang didapat dengan menggunakan internet juga
tidak sedikit, tingkat keuntungan menggunakan internet mencapai 100% . Artinya
internet memang sudah membawa perubahan besar bagi manusia. Hal-hal umum yang biasa didapat
dengan menggunakan internet seperti hemat waktu, hemat tempat, hemat biaya dan
hemat tenaga. Pengguna internet didunia mencapai 35 persen atau setara 2,4
miliar penduduk dunia.
Maka munculah beberapa
pertanyaan sebenarnya apa sih internet
itu, bagaimana internet bisa membantu manusia, apa peralatan yang digunakan
internet untuk membantu manusia dan lain-lain. Untuk mengenal dasar seperti apa
internet itu maka akan dibahas secara luas dimakalah ini.
Kita pasti pernah mengunjungi sebuah
Bank, dan kita melihat ada beberapa komputer yang dioperasikan oleh operator
yang cantik-cantik dan tampan dan komputer yang mereka operasikan itu dapat
berhubungan langsung satu dengan yang lainnya, saling bertukar informasi dan
bisa menggunakan data secara bersamaan. Seperti itulah analogi internet dalam
skala sempit. Secara skala luas internet itu berupa jaringan beberapa komputer
secara global yang dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lain yang
ada diseluruh dunia.
Bagaimana sih sebuah komputer itu
bisa berhubungan dengan komputer lain ditempat yang berbeda? Tentu saja
diperlukan suatu alat untuk mengkoneksikan (menyambungkan) komputer tersebut
yaitu Jaringan, baik dihubungkan melalui kabel optic ataupun langsung dengan
jaringan satelit. Prinsip kerja internet adalah sebagai berikut : “ sebuah komputer
dilengkapi alat yang disebut modem, dan modem akan menghubungkan komputer
kepada penyedia jasa internet biasa disebut dengan ISP melalui saluran
komunikasi (telepon, satelit, kabel optic) dll.
1.2 Rumusan Masalah
Adapun
rumusan masalah dari makalah ini adalah sebagai berikut :
·
Apa itu internet, bagaimana internet dan
mengapa harus ada internet ?
·
Apa sejarah dari internet, bagaimana
perkembangan internet dari dulu hingga sekarang ?
·
Apa-apa saja fasilitas yang bisa
didapatkan dengan menggunakan internet ?
1.3 Tujuan
adapun
tujuan dari makalah ini adalah mendapat jawaban dari rumusan masalah yaitu :
·
Mengetahui seluk beluk internet,
sejarah, awal mula ada internet dan kenapa ada internet
·
Dapat menyimpulkan pengertian atau
defenisi internet secara perspektif, dilihat dari kegunaan dan fungsi internet
itu sendiri.
·
Mengerti fasilitas-fasilitas yang akan
didapatkan oleh pengguna internet
BAB
II
INTERNET
INTERNET
SEJARAH, PENGERTIAN
DAN
FASILITASNYA
2.1 Sejarah Internet
Sejarah internet dimulai pada 1969
ketika departemen Pertahanan Amerika, U.S Defense Advanced Research Project
Agency (DARPA) emutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya
menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organic. Program
riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer
yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling
berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil
menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk Arpanet.
Program email ini begitu mudah sehingga langsung menjadi popular. Pada tahun
yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambing penting yang menunjukan
“at” atau “pada”. Pada tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan
keluar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer
pertama yang ada diluar amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada
tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakti Vinton Cerf dan Bob Kahn
mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal
pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di
Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah
tanggal 26 maret 1976, ketika ratu inggris berhasil mengirim email dari Rayal
Signals and radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari
100 komputer yang bergabung di ARPANEt membentuk sebuah jaringan atau network.
Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Elis dan Steve Bellovin, menciptakan
newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 france telecom
menciptakan gebrakan dengan meliuncurkan telepon televise perama, dimana orang
bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk
jaringan makin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protocol resmi yang
diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk transmission control
protocol atau TCP dan internet protocol atau IP yang kita kenal semua.
Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan
Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di Negara-negara Belanda,
Inggris, Denmark, Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup
USENET.
Untuk menyeragamkan alamat dijaringan
komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan system nama domain, yang
kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung
dengan jaringan yang sudah ada melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer
yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen Dari
Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau internet Relay Chat.
Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10
kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk
sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun paling bersejarah, ketika tim Berners
Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer
dengan komputer yang lainnya yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang
disebut www atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling
tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer dan tahun yang
sama muncul istilah Surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah
tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual shopping
atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama
Yahoo! Didirikan yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
2.2 Pengertian Internet
Internet
memiliki berbagai macam pengertian dan defenisi, tergantung mereka yang
mendefenisikan internet itu sesuai dengan perspektif masing-masing. Ada yang
berpendapat bahwa Internet adalah kumpulan yang luas dari jaringan komputer
besar dan kecil yang saling berhubungan menggunakan jaringan (tele) komunikasi
yang ada diseluruh dunia. Internet digunakan seluruh manusia yang secara aktif
berpartisipasi sehingga internet menjadi sumberdaya informasi yang sangat
berharga. Internet bagaikan sebuah perpustakaan dimana perpustakaan tersebut
menyimpan jutaan bahkan milyaran informasi berupa teks, graphic, audio maupun
animasi dimana orang bisa mengunjungi perpustakaan besar tersebut tidak
mengenal waktu, tempat dan siapa saja bisa mengunjungi perpustakaan besar
tersebut.
Internet singkatan dari
Interconnection Network merupakan dua komputer atau lebih yang berhubungan
membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer didunia
(internasional) yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
Internet terdiri dari beberapa unsur
yang saling berkaitan, yaitu komputer, jaringan telekomunikasi dan server. Jika
ada komputer ada jaringan namun tidak ada server maka belum bisa disebut dengan
internet karena unsur unsur tersebut belum terpenuhi. Manusia sebagai user
adalah orang yang mengoperasikan, memrogram, menginterpretasikan internet. Dan
manusia membutuhkan minimal 3 unsur tersebut untuk bisa mengakses internet.
Orang bisa terhubung dengan orang lain yang berbeda tempat dan waktu selama
mereka memiliki 3 unsur tersebut. Sangat mudah dan sangat sederhana sekali
untuk terhubung dengan internet bukan? Namun itu hanya analogi saja bagaimana
manusia bisa terhubung dengan internet.
Jika ditelaah lebih jauh maka pengertian internet ini sangatlah luas
karena sama seperti sifat internet yaitu “tanpa batas (unlimited)” semua orang
didunia bisa terhubung dengan internet dan saling berinteraksi, tidak ada
pengertian atau defenisi internet itu secara baku, semua bebas mendefenisikan
arti internet itu sesuai dengan apa yang telah dirasakan dari internet. Intinya
internet itu ada jika ada manusia yang mengoperasikan komputer yang terhubung
dengan server (ISP) melalui jaringan telekomunikasi (kabel maupun nirkabel) .
Sejauh ini pasti kita sudah sedikit
banyak mengerti apa defenisi internet. Setelah tahun 1990 yang sangat
bersejarah, internet terus dikembangkan dan hingga sekarang 2014 internet juga
terus berkembang, itu dilihat dari jumlah pengguna internet diseluruh dunia
mencapai 2.4 miliar atau setara 34 persen populasi dunia. Dan akan dipastikan
pengguna internet didunia akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Belum lagi
perangkat mobile yang dibuat sedemikian untuk sebagian orang yang tidak bisa
terhubung dengan internet melalui komputer, ini akan menjadi “anak panah” yang
akan melesat cepat untuk meningkatkan pengguna internet diseluruh dunia.
2.3 Fasilitas-Fasilitas Yang Ada
Pada Internet
Internet
juga dikenal sebagai Net yakni jaringan komputer terbesar didunia. Jaringan komputer
pada dasarnya adalah sekumpulan komputer yang dihubungkan sehingga saling
berinteraksi dan bertukar informasi secara bersama-sama. Menurut konsep,
jaringan komputer adalah cara untuk menghubungkan beberapa komputer yang ada
didalamnya dapat saling berhubungan dan berbagi sumberdaya informasi seperti
printer dan perangkat penyimpan data, seperti TV atau radio yang menghubungkan
stasiun tv dan radio.
Internet adalah teknologi komunikasi
baru yang mempengaruhi kehidupan manusia dalam suatu skala yang sama pentingnya
dengan telepon ataupun televisi. Bila kita memakai telepon untuk melakukan
panggilan dengan orang lain yang berbeda tempat, jika kita menulis surat
menggunakan telepon atau pos agar terkirim ke orang yang kita tuju, jika kita
sedang melakukan bisnis apapun bentuknya, maka internet dapat mengubah
keseluruhan pandangan dunia kita secara radikal. Internet bisa
mengubah/mengalihkan semua kegiatan manusia kedalam bentuk internet.
Adapun fasilitas-fasilitas yang
disediakan oleh internet mulai sejak awal mula diciptakan internet hingga
sekarang sangat banyak dan sudah dirasakan oleh semua pengguna internet
diseluruh dunia. Namun itu masih fasilitas dulu hingga saat ini, karena
internet semakin berkembang dan terus berkembang sehingga dapat dipastikan aka
nada fasilitas-fasilitas baru yang akan didapatkan dari internet.
Fasilitas-fasilitas dari internet yang saat ini bisa dirasakan pengguna
internet adalah sebagai berikut :
- World Wide Web (WWW)
Disingkat
web, adalah bagian yang paling menarik dari internet, melalui web kita bisa
mengakses informasi tidak hanya berupa teks tetapi juga gambar-gambar , suara,
film, dan lain-lain. Untuk mengakses WEB dibutuhkan software yang disebut
browser atau penjelajah web. Browser yang tersedia saat ini dari awal hingga sekarang
seperti netscape communicator, safari, internet explorer, google chrome, mozila
firefox dan masih banyak browser lainnya yang memiliki fungsi yang sama yaitu
menjelajah web.
- Electronic Mail (E-Mail)
Disingkat
e-mail yakni merupakan surat elektronik yang dikirimkan melalui internet.
Dengan fasilitas ini kita bisa mengirim atau menerima email dari dank e
pengguna internet diseluruh dunia. Jika dibandingkan dengan pos fasilitas email
jauh lebih cepat. Kita bisa mengirim email ke teman yang berada didalam atau
luar negeri hanya dalam waktu beberapa menit, bahkan saat ini hanya dalam
hitungan detik. Untuk menerima atau mengirim email kita tetap membutuhkan alat
penjelajah web atau browser sebagai penjelajah situs penyedia email di
internet. Penyedia jasa email pertama kali adalah Yahoo! dan sampai saat ini
sudah banyak sekali penyedia jasa email dengan berbagai macam fitur yang
disediakan seperti yahoomail, gmail, aim mail, hotmail, GMX mail, easy mail,
hushmail, myrealbox, dan masih banyak lagi, dan tidak jarang saat ini email
yang memiliki server yang disediakan oleh kampus (email akademi) tempat belajar
ataupun instansi tempat bekerja.
- Telnet
Dengan
menggunakan telnet kita bisa menggunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer
orang lain dan mencari atau mengambil informasi informasi yang ada di komputer
tersebut. Dengan semakin berkembangnya internet maka semakin berkembangpula
penggunaan telnet. Untuk dapat mengakses telnet,biasanya (dan seharusnya) kita
memiliki sebuah account atau login di komputer yang di tuju.Dan login tersebut
disertai password (kata kunci) sebagai verivikasi atau sebagai legalisasi dari
account yang kita masukkan,dan account tersebut di berikan oleh sang
administrator atau lembaga yang memiliki server yang dapat di-TELNET.
- File Transfer Protocol (FTP)
FTP
memungkinkan kita mengirim atau menerima data maupun file dari satu komputer ke
komputer lain tanpa batasan tempat. Proses mengirim file agar bisa diterima
oleh pengguna internet lain disebut Upload sedangkan proses menerima file
(data) disebut dengan Download. Saat ini sudah banyak situs penyedia jasa FTP
yang member kemudahan kita dalam berbagi file seperti Dropbox, skydrive,
Googledrive, 4shared, zippyshare dan masih banyak lagi.
- Gopher
Protokol
Gopher / ɡoʊfər / adalah TCP / IP Application layer protokol yang didesain
untuk mendistribusikan, mencari, dan mengambil dokumen melalui Internet. Sangat
berorientasi pada desain menu-dokumen, protokol Gopher adalah pendahulu dari
(dan kemudian, sebuah alternatif untuk) World Wide Web.
Protokol
ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native Web dan menerapkan
hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Teks
antarmuka menu adalah cocok untuk lingkungan komputasi yang sangat bergantung
pada remote terminal komputer berorientasi teks, yang masih umum pada waktu
penciptaan pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang memfasilitasi
berbagai implementasi klien. Gopher merupakan pendahulu dari Web, perbedaannya
adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melaiinkan hanya bisa menampilkan
teks oleh sebab itu gopher mulai ditinggalkan oleh para pengguna internet saat
ini. Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web pada tahun-tahun berikutnya, namun
protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan populasi kecil dari server
aktif-tetap dipertahankan.
- Internet Relay Chat (IRC)
Layanan
IRC, atau biasa disebut sebagai "chat" saja adalah sebuah bentuk
komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang
diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komnunikasi terjalin
melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan
pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi
secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu
atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter
lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client,
diantaranya yang paling populer adalah software mIRC.
Ada
juga beberapa variasi lain dari IRC, misalnya apa yang dikenal sebagai MUD
(Multi-User Dungeon atau Multi-User Dimension). Berbeda dengan IRC yang hanya
menampung obrolan, aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas. MUD lebih
mirip seperti sebuah dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya
dapat saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan
melakukan kegiatan tukar menukar file atau meninggalkan pesan. Karenanya,
selain untuk bersenang-senang, MUD juga sering dipakai oleh komunitas ilmiah
serta untuk kepentingan pendidikan (misalnya untuk memfasilitasi kegiatan
kuliah jarak jauh).
Aplikasi-apliakasi diatas sebenarnya adalah
aplikasi dasar yang paling umum digunakan dalam internet. Selain
aplikasi-aplikasi tersebut, masih ada lusinan aplikasi lainnya yang memanfaatkan
jaringan internet, baik aplikasi yang sering maupun jarang dipergunakan.
Teknologi internet sendiri terus berkembang sehingga aplikasi baru terus
bermunculan. Disamping itu, aplikasi-aplikasi yang telah ada masih terus
dikembangkan dan disempurnakan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.
- E-commerce (Transaksi Elektronik)
Electronic
Commerce adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau
transaksi elektronis di internet, baik Business to Business E-Commerce maupun
Business to Costumer E-Commerce. Saat ini perkembangan e-commerce memang sangat
pesat, hal ini dikarenakan pengguna internet yang mampu melihat peluang bisnis
dari internet sehingga mendapatkan penghasilan dari internet. Semua transaksi
yang dilakukan di internet (perdagangan) disebut e-commerce. Semua bentuk yang
dijual melalui internet itulah produk e-commerce, bisa berupa produk secara
fisik bisa pula berupa jasa pelayanan seperti jasa pembuatan website dan orang
yang membuat website memasang tarif untuk setiap website yang dibuatnya. Situs
e-commerce saat ini sudah menjamur di internet, dan pengguna internet juga
sudah banyak yang menggunakan e-commerce sebagai transaksi jual beli.
Keuntungan yang didapat dari e-commerce ini adalah cepat, hemat biaya, bisa
membeli produk luar negeri tanpa harus keluar negeri namun kekurangan dari
e-commerce yang saat ini masih banyak terjadi adalah penipuan, maka sebagai
pengguna internet khususnya e-commerce harus jeli untuk memilih situs mana yang
benar-benar e-commerce dengan melihat bukti-bukti nyata.
Situs e-commerce saat ini sangat banyak
seperti Amazon.com, lazada.co.id, ebay, tokobagus, dan masih banyak lagi situs
e-commerce yang terpampang di internet.
- Remote Login
Layanan
remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi yang
memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah
terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet. Dengan memanfaatkan
remote login, seorang pengguna internet dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak
jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host bersangkutan. Dari sana ia
dapat melakukan pemeliharaan (maintenance), menjalankan sebuah program atau
malahan menginstall program baru di reotokol yang umum digunakan untuk
keperluan remote login adalah Telnet (Telecommunications Network).
- E-Banking
Electronic
Banking, atau e-banking bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan di internet.
Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis
transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via web. Mirip dengan
penggunaan mesin ATM, lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan
aktifitas pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran
tagihan-tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening
banknya. Jelas banyak keuntungan yang bisa didapatkan nasabah dengan
memanfaatkan layanan ini, terutama bila dilihat dari waktu dan tenaga yang
dapat dihemat karena transaksi e-banking jelas bebas antrian dan dapat
dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah dapat terhubung dengan jaringan
internet.
- E-Government
Istilah
ini baru kedengaran beberapa waktu belakangan ini, seiring dengan maraknya
pemanfaatan teknologi internet dalam bidang pemerintahan. Walaupun namanya
e-governmet, tapi jangan dibayangkan ini adalah sistem pemerintahan yang
sepenuhnya berbasis internet. E-government, khususnya di Indonesia, masih
diartikan secara sempit sebagai sebuah sistem di internet (entah web, alamat
email kontak, atau milis) yang mengeksploitir potensi di suatu daerah dengan
maksud mengundang pihak-pihak yang mungkin dapat memberikan keuntungan bagi
daerah bersangkutan, entah itu sebagai investor atau turis.
- E-Learning
Istilah
e-Learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk penerapan teknologi
informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. Definisi e-Learning
sendiri sebenarnya sangat luas, bahkan sebuah portal informasi tentang suatu
topik (seperti halnya situs ini) juga dapat tercakup dalam e-Learning ini.
Namun istilah e-Learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat
sebuah transformasi proses belajar-mengajar di sekolah dalam bentuk digital
yang dijembatani oleh teknologi Internet.
Semua
proses belajar-mengajar hanya dilakukan di depan sebuah komputer yang terhubung
ke jaringan internet, dan semua fasilitas yang yang biasa tersedia di sebuah
sekolah dapat tergantikan fungsinya hanya oleh menu yang terpampang pada layar
monitor komputer. Materi pelajaran pun dapat diperoleh secara langsung dalam
bentuk file-fileyang dapatdi-download, sedangkan interaksiantara guru dan siswa
dalambentuk pemberian tugas dapat dilakukan secara lebih intensif dalam bentuk
forum diskusi dan email.
Pemanfaatan
e-Learning membuahkan beberapa keuntungan, diantaranya dari segi finansial
dengan berkurangnya biaya yang diperlukan untuk mengimplementasikan sistem
secara keseluruhan jika dibandingkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk
mendirikan bangunan sekolah beserta seluruh perangkat pendukungnya, termasuk
pengajar. Dari sisi peserta didik, biaya yang diperlukan untuk mengikuti
sekolah konvensional, misalnya transportasi, pembelian buku, dan sebagainya
dapat dikurangi, namun sebagai gantinya diperlukan biaya akses internet. Dari
sisi penyelenggara, biaya pengadaane-Learning sendiri dapat direduksi,disamping
jumlahpeserta didikyang dapat ditampung jauh melebihi yang dapat ditangani oleh
metode konvensional dalam kondisi geografis yang lebih luas.
Namun,
dibalik segala kelebihan yang ditawarkan, penerapan e-Learning, khususnya di
Indonesia masih menyimpan masalah, antara lain pada keterbatasan akses internet
serta kurangnya pemahaman masyarakat akan teknologi internet. e-Learning juga
kurang cocok untuk digunakan pada level pendidikan dasar dan menengah,
khususnya karena kendala sosialisasi. Seperti kita ketahui, tujuan kegiatan
belajar-mengajar di sekolah bukan hanya untuk menimba ilmu pengetahuan,
melainkan juga melatih anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya maupun
lingkungan di luar rumah. Hal semacam ini tidak bisa didapati dalam sekolah
maya via e-Learning. Disamping itu, sistem belajar jarak jauh
sangatmensyaratkan kemandirian, sehingga lebih cocok untuk diterapkan pada
lembaga pendidikan tinggi maupun kursus.
- Search Engine
Yang
paling popular saat ini adalah mesin pencari. Siapa yang tidak kenal mesin
pencari? Mesin pencari dikembangkan setelah melihat banyaknya situs-situs yang
memiliki informasi yang berbeda, maka selain browser sebagai penjelajah web,
maka ada juga search engine sebagai pencari informasi di internet. Search
engine yang paling terkenal adalah google, nama yang sudah tidak asing lagi
sehingga semua orang pasti mengetahui minimal pernah mendengar nama ini. Search
engine yang didirikan pada tahun 1998 ini dibuat karena melihat begitu maraknya
situs situs yang memiliki informasi yang berbeda. Selain itu, masih banyak lagi
search engine seperti yahoo, bing, ask, wow, infospace, aol search, yandex dan
masih banyak lagi.
- Game Online
Perkembangan
internet semakin digunakan untuk berbagai macam hal, maka tidak salah jika
hampir semua kegiatan manusia akan beralih ke internet. Game online adalah
teknologi daripada genre, sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama
daripada pola tertentu gameplay . game online yang dimainkan selama beberapa
bentuk jaringan komputer , biasanya pada internet . Salah satu keuntungan dari
game online adalah kemampuan untuk terhubung ke permainan multiplayer ,
meskipun single-player game online yang cukup umum juga. Keuntungan kedua dari
game online adalah bahwa persentase besar dari permainan tidak memerlukan
pembayaran. Juga ketiga yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan berbagai
jenis permainan untuk semua jenis pemain game
Game online yang kini marak di dunia juga
telah marak di Indonesia sejak 10 tahun terakhir. Kuatnya jaringan internet
dimanfaatkan oleh orang-orang untuk memainkan game dengan orang lain melalui
media internet, itulah mengapa disebut dengan game online. Game online membuat
orang-orang akan memainkan game secara online dan meninggalkan game yang biasa
dimainkan seperti playstation dan lain-lain. Anak-anak akan lebih pintar
menggunakan teknologi komputer dengan kelihaian tangan saat memainkan game,
namun dampak buruk dari game online juga berpengaruh besar kepada prilaku
anak-anak. Saat ini situs penyedia game online sudah sangat banyak seperti
games.co.id, permainanonline.com, travian, 3dd game dan masih banyak lagi.
- Jejaring sosial dan media sosial
Jejaring
sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang
umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih
tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Lebih
mudahnya, jejaring sosial adalah sistem yang menghubungkan pertukaran informasi
antara seseorang dengan orang lain. Sistem ini mengizinkan user untuk dapat
terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan
orang lain.
Jejaring
social memungkinkan pengguna internet untuk saling bertukar informasi pribadi,
baik secara sengaja untuk membagikan informasi ataupun dicari tahu sendiri
informasinya oleh pengguna internet yang lain. Jejaring social bisa berisi
informasi teks, gambar pribadi, moto, kegiatan, pekerjaan, dan berbagai macam
hal yang berkaitan dengan kehidupan orang-orang sebagai pengguna jejaring
social masuk kedalam unsure jejaring social.
Jejaring
social saat inipun sudah tidak bisa dibatasi, sangat banyak karena semakin
maraknya jejaring social dari tahun ketahun. Jejaring social yang paling
popular saat ini seperti facebook, twitter, path, google+, ask fm, hingga jejaring
social perangkat mobile seperti bbm, line, kakaotalk, we chat dan lain-lain
juga masuk kedalam kategori jejaring social menggunakan media internet.
- Direktori
Direktori
adalah attribut dari file yang berbentuk direktori. informasi - informasi
mengenai lokasi dari suatu file. informasi lebih dominan berkaitan dengan
penyimpanan file. direktori ini merupakan sejenis dari suatu file yang dimiliki
oleh sistem operasi dan dapat diakses dengan rutin dan tak terbatas di sistem
operasi komputer, dan dianggap manusia sebagai tempat untuk menempatkan suatu
file data maupun dokumen - dokumen.
Sebuah
direktori terdapat komponen dari sistem berkas yang mengandung satu berkas atau
lebih atau satu direktori lainnya atau lebih, yang disebut dengan subdirektori.
Batasan jumlah berkas atau subdirektori yang dapat ditampung dalam sebuah
direktori tergantung dari sistem berkas yang digunakan, meskipun sebagian
sistem berkas tidak membatasinya (batasan tersebut disebabkan ukuran media
penyimpanan di mana direktori berada).
Suatu
Direktori yang mengandung satu direktori atau lebih disebut sebagai parent
directory dari direktori-direktori tersebut, dan setiap direktori yang
dikandung di dalam direktori disebut sebagai child directory. Struktur
direktori seperti ini lazim disebut sebagai struktur hierarkis direktori, atau
sering juga disebut sebagai pohon direktori.
- Forum Diskusi
Merupakan
fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik menggunakan via web. kelebihan forum diskusi yaitu user tidak
perlu mendaftar dan memiliki akun dalam forum diskusi tersebut. Contoh
fasilitasnya yaitu www.kaskus.com
- Blog
merupakan
situs web yang dikelola oleh perseorangan, biasanya berisi catatan pribadi
liputan kegiatan, dan materi lainnya seperti gambar atau video pribadi. Untuk
membuat blog, setiap orang harus mendaftar ke situs web yang menyidiakan
layanan blog, misalnya www.blogger.com.,
www.wordpress.com,
www.blogdetik.com
dan lain-lain.
- Multimedia Streaming
merupakan
fasilitas internet yang menayangkan file-file multimedia secara langsung
(online). Melalui fasilitas ini, setiap user dapat mendengarkan lagu atau
menonton video melalui web browser. Contoh situs web yang menyediakan fasilitas
ini yaitu www.youtube.com.
- Video Call dan Sms Melalui Internet
Menelpon
dan mengirim sms bisa dilakukan melalui internet, ini akan mengurangi biaya
pulsa anda hanya menggunakan paket data internet. Situs penyedia panggilan dan
sms melalui internet seperti www.send-free-sms.netfirms.com,
http://email.2sms.ru/sms.php
, skype, dan facebook.
- E-Card (Kartu Ucapan Elektronik)
E-card
atau greetings card adalah fasilitas pengiriman kartu ucapan di internet yang
berfungsi sebagaimana layaknya kartu ucapan melalui jasa pos. beberapa situs
menyediakan fasilitas ini secara gratis, bahkan ada situs yang menkhususkan
diri pada jasa pelayanan E-Card. Berbagai bentuk kartu ucapan yang disediakan,
mulai dari ucapan selamat atas moment paling penting hingga sapaan humor dalam
bentuk gambar animasi. Beberapa situs tersebut adalah regards.com,
bluemontain.com, astaga.com/ecard, e-card.com, indocenter.com dan masih banyak
lagi situs e-card global dan nasional.
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan-Kesimpulan
·
Internet bermula saat militer pertahanan
Amerika serikat membuat sebuah riset bagaimana menghubungkan satu komputer
dengan komputer lain didalam militer. (1969) dikenal dengan nama ARPANET
·
tahun 1972 Roy Tomlinson menciptakan
program email untuk arpanet sekaligus pencipta icon "@"
·
tahun 1973 program arpanet mulai
dikembangkan keluar Amerika Serikat
·
ide internet pertama kali merupakan
gagasan ahli komputer yaitu Vinton cerf dan Bob Kahn
·
tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland
menemukan IRC atau International Relay Chat.
·
tahun 1990 Tim Bernes Lee menemukan
program penjelajah (browser) program ini disebut WWW (world wide web)
·
tahun 1994 situs internet mencapai 3000
alamat dan tahun tersebut adalah kelahiran Yahoo!
·
internet memiliki pengertian yang tidak
terbatas
·
semua orang bisa mendefenisikan internet
sesuai dengan perspektif (sudut pandang) masing-masing sesuai apa yang dirasakan
setelah menggunakan internet.
·
internet memiliki 3 unsur yaitu
komputer, telekomunikasi dan server
·
manusia sebagai real user adalah
operator dari internet.
·
pengguna internet didunia saat ini
mencapai 34 persen atau setara 24 miliar dari penduduk dunia
·
220 fasilitas internet yang dirangkum di
makalah ini antara lain : world wide web
(www), Electronic Mail (E-mail), Telnet, File Transfer Protocol (FTP), Gopher,
Internet Relay Chat (IRC), E-Commercer, Remote Login, E-Banking, E-Government,
E-Learning, Search Engine, Game Online, Jejaring Sosial dan Media sosial,
Direktori, Forum Diskusi, BLog, dan Multimedia Streaming (youtube), Video call,
SMS internet, dan E-Card (Kartu Ucapan Elektronik)
DAFTAR PUSTAKA
·
Ardiansyah, R. 2014. Internet, sejarah dan
fasilitasnya. (1) MAKALAH
TENTANG INTERNET | RAMDANI ARDIANSYAH - Academia.edu diakses pada 14
April 2018.
Basic
Info Internet : "Internet." Britannica School. Encyclopædia
Britannica, Inc., 2014. Web. <http://library.eb.com.vlib.interchange.at/levels/referencecenter/article/1458>
dari www.academia.edu diakses pada
tanggal 14 April 2018
Daryanto,
2006. Memahami Kerja Internet, Bandung : Penerbit Yrama Widya, Hal:
9-13, 22-24.
Jasmadi,
2004. Panduan Praktis Menggunakan Fasilitas Internet : surfing, email, sms,
chatting, E-card, dan Download : Yogyakarta, Penerbit Andi, Hal : 7,
173-192.
· Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol 1 no.1 desember 2012 hal 11
http://balitbang.kominfo.go.id/balitbang/bbppki-medan/files/2013/01/Jurnal-Teknologi-Informasi-dan-Komunikasi-Vol.-1-Tahun-012.pdf yang diakses dari www.academia.edu pada tanggal 14 April 2018
http://balitbang.kominfo.go.id/balitbang/bbppki-medan/files/2013/01/Jurnal-Teknologi-Informasi-dan-Komunikasi-Vol.-1-Tahun-012.pdf yang diakses dari www.academia.edu pada tanggal 14 April 2018
Lestari,
Sri. 2014, MODUL TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI : SMA NEGERI 2 SELONG ,
KELAS IX SEMESTER 1: halaman 1-3
http://sman2selong.net/downloadmateri/downloadtik.php?id=11 yang diakses
dari www.academia.edu pada tanggal 14
April 2018
Soetdjo, Jhon, 2007. Jurus Kilat Mahir
Internet : Dari Nol Hingga jago Dalam Hitungan Menit, Jakarta Timur:
Penerbit Dunia Komputer, Hal : 3-7, 19-21, 97-105.
·
Komentar
Posting Komentar