Apa itu Internet


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar  Belakang
            Di era globalisasi ini internet sangat berperan penting dalam kehidupan manusia di seluruh dunia. Tanpa memandang usia baik  anak-anak, remaja maupun dewasa semua telah menyadari tingkat kepentingan internet untuk mendukung aktivitas manusia sehari-hari. Dimana saat ini internet menjadi salah satu literat yang sudah biasa untuk dimiliki semua orang. Bahkan sudah tidak jarang aktivitas-aktivitas manusia saat ini dialihkan ke internet. Semua itu dilakukan karena semua menyadari bahwa internet sangat membantu dan mendukung dalam kegiatan manusia. Keuntungan yang didapat dengan menggunakan internet juga tidak sedikit, tingkat keuntungan menggunakan internet mencapai 100% . Artinya internet memang sudah membawa perubahan besar bagi  manusia. Hal-hal umum yang biasa didapat dengan menggunakan internet seperti hemat waktu, hemat tempat, hemat biaya dan hemat tenaga. Pengguna internet didunia mencapai 35 persen atau setara 2,4 miliar penduduk dunia.
            Maka munculah beberapa pertanyaan  sebenarnya apa sih internet itu, bagaimana internet bisa membantu manusia, apa peralatan yang digunakan internet untuk membantu manusia dan lain-lain. Untuk mengenal dasar seperti apa internet itu maka akan dibahas secara luas dimakalah ini.
            Kita pasti pernah mengunjungi sebuah Bank, dan kita melihat ada beberapa komputer yang dioperasikan oleh operator yang cantik-cantik dan tampan dan komputer yang mereka operasikan itu dapat berhubungan langsung satu dengan yang lainnya, saling bertukar informasi dan bisa menggunakan data secara bersamaan. Seperti itulah analogi internet dalam skala sempit. Secara skala luas internet itu berupa jaringan beberapa komputer secara global yang dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lain yang ada diseluruh dunia.
            Bagaimana sih sebuah komputer itu bisa berhubungan dengan komputer lain ditempat yang berbeda? Tentu saja diperlukan suatu alat untuk mengkoneksikan (menyambungkan) komputer tersebut yaitu Jaringan, baik dihubungkan melalui kabel optic ataupun langsung dengan jaringan satelit. Prinsip kerja internet adalah sebagai berikut : “ sebuah komputer dilengkapi alat yang disebut modem, dan modem akan menghubungkan komputer kepada penyedia jasa internet biasa disebut dengan ISP melalui saluran komunikasi (telepon, satelit, kabel optic) dll.

1.2  Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari makalah ini adalah sebagai berikut :
·         Apa itu internet, bagaimana internet dan mengapa harus ada internet ?
·         Apa sejarah dari internet, bagaimana perkembangan internet dari dulu hingga sekarang ?
·         Apa-apa saja fasilitas yang bisa didapatkan dengan menggunakan internet ?

1.3   Tujuan
adapun tujuan dari makalah ini adalah mendapat jawaban dari rumusan masalah yaitu :
·         Mengetahui seluk beluk internet, sejarah, awal mula ada internet dan kenapa ada internet
·         Dapat menyimpulkan pengertian atau defenisi internet secara perspektif, dilihat dari kegunaan dan fungsi internet itu sendiri.
·         Mengerti fasilitas-fasilitas yang akan didapatkan oleh pengguna internet



BAB II  
 INTERNET
 SEJARAH, PENGERTIAN
DAN FASILITASNYA

2.1 Sejarah Internet
            Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika departemen Pertahanan Amerika, U.S Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) emutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organic. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
            Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk Arpanet. Program email ini begitu mudah sehingga langsung menjadi popular. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambing penting yang menunjukan “at” atau “pada”. Pada tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan keluar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada diluar amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakti Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
            Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 maret 1976, ketika ratu inggris berhasil mengirim email dari Rayal Signals and radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANEt membentuk sebuah jaringan atau network. Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Elis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 france telecom menciptakan gebrakan dengan meliuncurkan telepon televise perama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
            Karena komputer yang membentuk jaringan makin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protocol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk transmission control protocol atau TCP dan internet protocol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di Negara-negara Belanda, Inggris, Denmark, Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
            Untuk menyeragamkan alamat dijaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan system nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang sudah ada melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.
            Tahun 1988, Jarko Oikarinen Dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun paling bersejarah, ketika tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www atau World Wide Web.
            Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer dan tahun yang sama muncul istilah Surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! Didirikan yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

2.2 Pengertian Internet
            Internet memiliki berbagai macam pengertian dan defenisi, tergantung mereka yang mendefenisikan internet itu sesuai dengan perspektif masing-masing. Ada yang berpendapat bahwa Internet adalah kumpulan yang luas dari jaringan komputer besar dan kecil yang saling berhubungan menggunakan jaringan (tele) komunikasi yang ada diseluruh dunia. Internet digunakan seluruh manusia yang secara aktif berpartisipasi sehingga internet menjadi sumberdaya informasi yang sangat berharga. Internet bagaikan sebuah perpustakaan dimana perpustakaan tersebut menyimpan jutaan bahkan milyaran informasi berupa teks, graphic, audio maupun animasi dimana orang bisa mengunjungi perpustakaan besar tersebut tidak mengenal waktu, tempat dan siapa saja bisa mengunjungi perpustakaan besar tersebut.
            Internet singkatan dari Interconnection Network merupakan dua komputer atau lebih yang berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer didunia (internasional) yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
            Internet terdiri dari beberapa unsur yang saling berkaitan, yaitu komputer, jaringan telekomunikasi dan server. Jika ada komputer ada jaringan namun tidak ada server maka belum bisa disebut dengan internet karena unsur unsur tersebut belum terpenuhi. Manusia sebagai user adalah orang yang mengoperasikan, memrogram, menginterpretasikan internet. Dan manusia membutuhkan minimal 3 unsur tersebut untuk bisa mengakses internet. Orang bisa terhubung dengan orang lain yang berbeda tempat dan waktu selama mereka memiliki 3 unsur tersebut. Sangat mudah dan sangat sederhana sekali untuk terhubung dengan internet bukan? Namun itu hanya analogi saja bagaimana manusia bisa terhubung dengan internet.  Jika ditelaah lebih jauh maka pengertian internet ini sangatlah luas karena sama seperti sifat internet yaitu “tanpa batas (unlimited)” semua orang didunia bisa terhubung dengan internet dan saling berinteraksi, tidak ada pengertian atau defenisi internet itu secara baku, semua bebas mendefenisikan arti internet itu sesuai dengan apa yang telah dirasakan dari internet. Intinya internet itu ada jika ada manusia yang mengoperasikan komputer yang terhubung dengan server (ISP) melalui jaringan telekomunikasi (kabel maupun nirkabel)        .
            Sejauh ini pasti kita sudah sedikit banyak mengerti apa defenisi internet. Setelah tahun 1990 yang sangat bersejarah, internet terus dikembangkan dan hingga sekarang 2014 internet juga terus berkembang, itu dilihat dari jumlah pengguna internet diseluruh dunia mencapai 2.4 miliar atau setara 34 persen populasi dunia. Dan akan dipastikan pengguna internet didunia akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Belum lagi perangkat mobile yang dibuat sedemikian untuk sebagian orang yang tidak bisa terhubung dengan internet melalui komputer, ini akan menjadi “anak panah” yang akan melesat cepat untuk meningkatkan pengguna internet diseluruh dunia.

2.3 Fasilitas-Fasilitas Yang Ada Pada Internet
            Internet juga dikenal sebagai Net yakni jaringan komputer terbesar didunia. Jaringan komputer pada dasarnya adalah sekumpulan komputer yang dihubungkan sehingga saling berinteraksi dan bertukar informasi secara bersama-sama. Menurut konsep, jaringan komputer adalah cara untuk menghubungkan beberapa komputer yang ada didalamnya dapat saling berhubungan dan berbagi sumberdaya informasi seperti printer dan perangkat penyimpan data, seperti TV atau radio yang menghubungkan stasiun tv dan radio.
            Internet adalah teknologi komunikasi baru yang mempengaruhi kehidupan manusia dalam suatu skala yang sama pentingnya dengan telepon ataupun televisi. Bila kita memakai telepon untuk melakukan panggilan dengan orang lain yang berbeda tempat, jika kita menulis surat menggunakan telepon atau pos agar terkirim ke orang yang kita tuju, jika kita sedang melakukan bisnis apapun bentuknya, maka internet dapat mengubah keseluruhan pandangan dunia kita secara radikal. Internet bisa mengubah/mengalihkan semua kegiatan manusia kedalam bentuk internet.
            Adapun fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh internet mulai sejak awal mula diciptakan internet hingga sekarang sangat banyak dan sudah dirasakan oleh semua pengguna internet diseluruh dunia. Namun itu masih fasilitas dulu hingga saat ini, karena internet semakin berkembang dan terus berkembang sehingga dapat dipastikan aka nada fasilitas-fasilitas baru yang akan didapatkan dari internet. Fasilitas-fasilitas dari internet yang saat ini bisa dirasakan pengguna internet adalah sebagai berikut :
  • World Wide Web (WWW)
Disingkat web, adalah bagian yang paling menarik dari internet, melalui web kita bisa mengakses informasi tidak hanya berupa teks tetapi juga gambar-gambar , suara, film, dan lain-lain. Untuk mengakses WEB dibutuhkan software yang disebut browser atau penjelajah web. Browser yang tersedia saat ini dari awal hingga sekarang seperti netscape communicator, safari, internet explorer, google chrome, mozila firefox dan masih banyak browser lainnya yang memiliki fungsi yang sama yaitu menjelajah web.
  • Electronic Mail (E-Mail)
Disingkat e-mail yakni merupakan surat elektronik yang dikirimkan melalui internet. Dengan fasilitas ini kita bisa mengirim atau menerima email dari dank e pengguna internet diseluruh dunia. Jika dibandingkan dengan pos fasilitas email jauh lebih cepat. Kita bisa mengirim email ke teman yang berada didalam atau luar negeri hanya dalam waktu beberapa menit, bahkan saat ini hanya dalam hitungan detik. Untuk menerima atau mengirim email kita tetap membutuhkan alat penjelajah web atau browser sebagai penjelajah situs penyedia email di internet. Penyedia jasa email pertama kali adalah Yahoo! dan sampai saat ini sudah banyak sekali penyedia jasa email dengan berbagai macam fitur yang disediakan seperti yahoomail, gmail, aim mail, hotmail, GMX mail, easy mail, hushmail, myrealbox, dan masih banyak lagi, dan tidak jarang saat ini email yang memiliki server yang disediakan oleh kampus (email akademi) tempat belajar ataupun instansi tempat bekerja.
  •  Telnet
Dengan menggunakan telnet kita bisa menggunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer orang lain dan mencari atau mengambil informasi informasi yang ada di komputer tersebut. Dengan semakin berkembangnya internet maka semakin berkembangpula penggunaan telnet. Untuk dapat mengakses telnet,biasanya (dan seharusnya) kita memiliki sebuah account atau login di komputer yang di tuju.Dan login tersebut disertai password (kata kunci) sebagai verivikasi atau sebagai legalisasi dari account yang kita masukkan,dan account tersebut di berikan oleh sang administrator atau lembaga yang memiliki server yang dapat di-TELNET.
  • File Transfer Protocol (FTP)
FTP memungkinkan kita mengirim atau menerima data maupun file dari satu komputer ke komputer lain tanpa batasan tempat. Proses mengirim file agar bisa diterima oleh pengguna internet lain disebut Upload sedangkan proses menerima file (data) disebut dengan Download. Saat ini sudah banyak situs penyedia jasa FTP yang member kemudahan kita dalam berbagi file seperti Dropbox, skydrive, Googledrive, 4shared, zippyshare dan masih banyak lagi.
  • Gopher
Protokol Gopher / ɡoʊfər / adalah TCP / IP Application layer protokol yang didesain untuk mendistribusikan, mencari, dan mengambil dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain menu-dokumen, protokol Gopher adalah pendahulu dari (dan kemudian, sebuah alternatif untuk) World Wide Web.
Protokol ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Teks antarmuka menu adalah cocok untuk lingkungan komputasi yang sangat bergantung pada remote terminal komputer berorientasi teks, yang masih umum pada waktu penciptaan pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang memfasilitasi berbagai implementasi klien. Gopher merupakan pendahulu dari Web, perbedaannya adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melaiinkan hanya bisa menampilkan teks oleh sebab itu gopher mulai ditinggalkan oleh para pengguna internet saat ini. Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web pada tahun-tahun berikutnya, namun protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan populasi kecil dari server aktif-tetap dipertahankan.
  • Internet Relay Chat (IRC)
Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai "chat" saja adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komnunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client, diantaranya yang paling populer adalah software mIRC.
Ada juga beberapa variasi lain dari IRC, misalnya apa yang dikenal sebagai MUD (Multi-User Dungeon atau Multi-User Dimension). Berbeda dengan IRC yang hanya menampung obrolan, aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas. MUD lebih mirip seperti sebuah dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan melakukan kegiatan tukar menukar file atau meninggalkan pesan. Karenanya, selain untuk bersenang-senang, MUD juga sering dipakai oleh komunitas ilmiah serta untuk kepentingan pendidikan (misalnya untuk memfasilitasi kegiatan kuliah jarak jauh).
 Aplikasi-apliakasi diatas sebenarnya adalah aplikasi dasar yang paling umum digunakan dalam internet. Selain aplikasi-aplikasi tersebut, masih ada lusinan aplikasi lainnya yang memanfaatkan jaringan internet, baik aplikasi yang sering maupun jarang dipergunakan. Teknologi internet sendiri terus berkembang sehingga aplikasi baru terus bermunculan. Disamping itu, aplikasi-aplikasi yang telah ada masih terus dikembangkan dan disempurnakan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.
  •  E-commerce (Transaksi Elektronik)
Electronic Commerce adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi elektronis di internet, baik Business to Business E-Commerce maupun Business to Costumer E-Commerce. Saat ini perkembangan e-commerce memang sangat pesat, hal ini dikarenakan pengguna internet yang mampu melihat peluang bisnis dari internet sehingga mendapatkan penghasilan dari internet. Semua transaksi yang dilakukan di internet (perdagangan) disebut e-commerce. Semua bentuk yang dijual melalui internet itulah produk e-commerce, bisa berupa produk secara fisik bisa pula berupa jasa pelayanan seperti jasa pembuatan website dan orang yang membuat website memasang tarif untuk setiap website yang dibuatnya. Situs e-commerce saat ini sudah menjamur di internet, dan pengguna internet juga sudah banyak yang menggunakan e-commerce sebagai transaksi jual beli. Keuntungan yang didapat dari e-commerce ini adalah cepat, hemat biaya, bisa membeli produk luar negeri tanpa harus keluar negeri namun kekurangan dari e-commerce yang saat ini masih banyak terjadi adalah penipuan, maka sebagai pengguna internet khususnya e-commerce harus jeli untuk memilih situs mana yang benar-benar e-commerce dengan melihat bukti-bukti nyata.
      Situs e-commerce saat ini sangat banyak seperti Amazon.com, lazada.co.id, ebay, tokobagus, dan masih banyak lagi situs e-commerce yang terpampang di internet.
  • Remote Login
Layanan remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet. Dengan memanfaatkan remote login, seorang pengguna internet dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host bersangkutan. Dari sana ia dapat melakukan pemeliharaan (maintenance), menjalankan sebuah program atau malahan menginstall program baru di reotokol yang umum digunakan untuk keperluan remote login adalah Telnet (Telecommunications Network).
  • E-Banking
Electronic Banking, atau e-banking bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via web. Mirip dengan penggunaan mesin ATM, lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan aktifitas pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening banknya. Jelas banyak keuntungan yang bisa didapatkan nasabah dengan memanfaatkan layanan ini, terutama bila dilihat dari waktu dan tenaga yang dapat dihemat karena transaksi e-banking jelas bebas antrian dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah dapat terhubung dengan jaringan internet.
  • E-Government
Istilah ini baru kedengaran beberapa waktu belakangan ini, seiring dengan maraknya pemanfaatan teknologi internet dalam bidang pemerintahan. Walaupun namanya e-governmet, tapi jangan dibayangkan ini adalah sistem pemerintahan yang sepenuhnya berbasis internet. E-government, khususnya di Indonesia, masih diartikan secara sempit sebagai sebuah sistem di internet (entah web, alamat email kontak, atau milis) yang mengeksploitir potensi di suatu daerah dengan maksud mengundang pihak-pihak yang mungkin dapat memberikan keuntungan bagi daerah bersangkutan, entah itu sebagai investor atau turis.
  • E-Learning
Istilah e-Learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. Definisi e-Learning sendiri sebenarnya sangat luas, bahkan sebuah portal informasi tentang suatu topik (seperti halnya situs ini) juga dapat tercakup dalam e-Learning ini. Namun istilah e-Learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar-mengajar di sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi Internet.
Semua proses belajar-mengajar hanya dilakukan di depan sebuah komputer yang terhubung ke jaringan internet, dan semua fasilitas yang yang biasa tersedia di sebuah sekolah dapat tergantikan fungsinya hanya oleh menu yang terpampang pada layar monitor komputer. Materi pelajaran pun dapat diperoleh secara langsung dalam bentuk file-fileyang dapatdi-download, sedangkan interaksiantara guru dan siswa dalambentuk pemberian tugas dapat dilakukan secara lebih intensif dalam bentuk forum diskusi dan email.
Pemanfaatan e-Learning membuahkan beberapa keuntungan, diantaranya dari segi finansial dengan berkurangnya biaya yang diperlukan untuk mengimplementasikan sistem secara keseluruhan jika dibandingkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk mendirikan bangunan sekolah beserta seluruh perangkat pendukungnya, termasuk pengajar. Dari sisi peserta didik, biaya yang diperlukan untuk mengikuti sekolah konvensional, misalnya transportasi, pembelian buku, dan sebagainya dapat dikurangi, namun sebagai gantinya diperlukan biaya akses internet. Dari sisi penyelenggara, biaya pengadaane-Learning sendiri dapat direduksi,disamping jumlahpeserta didikyang dapat ditampung jauh melebihi yang dapat ditangani oleh metode konvensional dalam kondisi geografis yang lebih luas.
Namun, dibalik segala kelebihan yang ditawarkan, penerapan e-Learning, khususnya di Indonesia masih menyimpan masalah, antara lain pada keterbatasan akses internet serta kurangnya pemahaman masyarakat akan teknologi internet. e-Learning juga kurang cocok untuk digunakan pada level pendidikan dasar dan menengah, khususnya karena kendala sosialisasi. Seperti kita ketahui, tujuan kegiatan belajar-mengajar di sekolah bukan hanya untuk menimba ilmu pengetahuan, melainkan juga melatih anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya maupun lingkungan di luar rumah. Hal semacam ini tidak bisa didapati dalam sekolah maya via e-Learning. Disamping itu, sistem belajar jarak jauh sangatmensyaratkan kemandirian, sehingga lebih cocok untuk diterapkan pada lembaga pendidikan tinggi maupun kursus. 
  •  Search Engine
Yang paling popular saat ini adalah mesin pencari. Siapa yang tidak kenal mesin pencari? Mesin pencari dikembangkan setelah melihat banyaknya situs-situs yang memiliki informasi yang berbeda, maka selain browser sebagai penjelajah web, maka ada juga search engine sebagai pencari informasi di internet. Search engine yang paling terkenal adalah google, nama yang sudah tidak asing lagi sehingga semua orang pasti mengetahui minimal pernah mendengar nama ini. Search engine yang didirikan pada tahun 1998 ini dibuat karena melihat begitu maraknya situs situs yang memiliki informasi yang berbeda. Selain itu, masih banyak lagi search engine seperti yahoo, bing, ask, wow, infospace, aol search, yandex dan masih banyak lagi.
  •    Game Online
Perkembangan internet semakin digunakan untuk berbagai macam hal, maka tidak salah jika hampir semua kegiatan manusia akan beralih ke internet. Game online adalah teknologi daripada genre, sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama daripada pola tertentu gameplay . game online yang dimainkan selama beberapa bentuk jaringan komputer , biasanya pada internet . Salah satu keuntungan dari game online adalah kemampuan untuk terhubung ke permainan multiplayer , meskipun single-player game online yang cukup umum juga. Keuntungan kedua dari game online adalah bahwa persentase besar dari permainan tidak memerlukan pembayaran. Juga ketiga yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan berbagai jenis permainan untuk semua jenis pemain game
 Game online yang kini marak di dunia juga telah marak di Indonesia sejak 10 tahun terakhir. Kuatnya jaringan internet dimanfaatkan oleh orang-orang untuk memainkan game dengan orang lain melalui media internet, itulah mengapa disebut dengan game online. Game online membuat orang-orang akan memainkan game secara online dan meninggalkan game yang biasa dimainkan seperti playstation dan lain-lain. Anak-anak akan lebih pintar menggunakan teknologi komputer dengan kelihaian tangan saat memainkan game, namun dampak buruk dari game online juga berpengaruh besar kepada prilaku anak-anak. Saat ini situs penyedia game online sudah sangat banyak seperti games.co.id, permainanonline.com, travian, 3dd game dan masih banyak lagi.
  • Jejaring sosial dan media sosial
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Lebih mudahnya, jejaring sosial adalah sistem yang menghubungkan pertukaran informasi antara seseorang dengan orang lain. Sistem ini mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain.
Jejaring social memungkinkan pengguna internet untuk saling bertukar informasi pribadi, baik secara sengaja untuk membagikan informasi ataupun dicari tahu sendiri informasinya oleh pengguna internet yang lain. Jejaring social bisa berisi informasi teks, gambar pribadi, moto, kegiatan, pekerjaan, dan berbagai macam hal yang berkaitan dengan kehidupan orang-orang sebagai pengguna jejaring social masuk kedalam unsure jejaring social.
Jejaring social saat inipun sudah tidak bisa dibatasi, sangat banyak karena semakin maraknya jejaring social dari tahun ketahun. Jejaring social yang paling popular saat ini seperti facebook, twitter, path, google+, ask fm, hingga jejaring social perangkat mobile seperti bbm, line, kakaotalk, we chat dan lain-lain juga masuk kedalam kategori jejaring social menggunakan media internet.
  • Direktori
Direktori adalah attribut dari file yang berbentuk direktori. informasi - informasi mengenai lokasi dari suatu file. informasi lebih dominan berkaitan dengan penyimpanan file. direktori ini merupakan sejenis dari suatu file yang dimiliki oleh sistem operasi dan dapat diakses dengan rutin dan tak terbatas di sistem operasi komputer, dan dianggap manusia sebagai tempat untuk menempatkan suatu file data maupun dokumen - dokumen.
Sebuah direktori terdapat komponen dari sistem berkas yang mengandung satu berkas atau lebih atau satu direktori lainnya atau lebih, yang disebut dengan subdirektori. Batasan jumlah berkas atau subdirektori yang dapat ditampung dalam sebuah direktori tergantung dari sistem berkas yang digunakan, meskipun sebagian sistem berkas tidak membatasinya (batasan tersebut disebabkan ukuran media penyimpanan di mana direktori berada).
Suatu Direktori yang mengandung satu direktori atau lebih disebut sebagai parent directory dari direktori-direktori tersebut, dan setiap direktori yang dikandung di dalam direktori disebut sebagai child directory. Struktur direktori seperti ini lazim disebut sebagai struktur hierarkis direktori, atau sering juga disebut sebagai pohon direktori.
  • Forum Diskusi
Merupakan fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik menggunakan via  web. kelebihan forum diskusi yaitu user tidak perlu mendaftar dan memiliki akun dalam forum diskusi tersebut. Contoh fasilitasnya yaitu www.kaskus.com
  • Blog
merupakan situs web yang dikelola oleh perseorangan, biasanya berisi catatan pribadi liputan kegiatan, dan materi lainnya seperti gambar atau video pribadi. Untuk membuat blog, setiap orang harus mendaftar ke situs web yang menyidiakan layanan blog, misalnya www.blogger.com., www.wordpress.com, www.blogdetik.com dan lain-lain.
  • Multimedia Streaming
merupakan fasilitas internet yang menayangkan file-file multimedia secara langsung (online). Melalui fasilitas ini, setiap user dapat mendengarkan lagu atau menonton video melalui web browser. Contoh situs web yang menyediakan fasilitas ini yaitu www.youtube.com.
  • Video Call dan Sms Melalui Internet
Menelpon dan mengirim sms bisa dilakukan melalui internet, ini akan mengurangi biaya pulsa anda hanya menggunakan paket data internet. Situs penyedia panggilan dan sms melalui internet seperti www.send-free-sms.netfirms.com, http://email.2sms.ru/sms.php , skype, dan facebook.
  • E-Card (Kartu Ucapan Elektronik)
E-card atau greetings card adalah fasilitas pengiriman kartu ucapan di internet yang berfungsi sebagaimana layaknya kartu ucapan melalui jasa pos. beberapa situs menyediakan fasilitas ini secara gratis, bahkan ada situs yang menkhususkan diri pada jasa pelayanan E-Card. Berbagai bentuk kartu ucapan yang disediakan, mulai dari ucapan selamat atas moment paling penting hingga sapaan humor dalam bentuk gambar animasi. Beberapa situs tersebut adalah regards.com, bluemontain.com, astaga.com/ecard, e-card.com, indocenter.com dan masih banyak lagi situs e-card global dan nasional.



BAB III  PENUTUP 
3.1 Kesimpulan-Kesimpulan
·         Internet bermula saat militer pertahanan Amerika serikat membuat sebuah riset bagaimana menghubungkan satu komputer dengan komputer lain didalam militer. (1969) dikenal dengan nama ARPANET
·         tahun 1972 Roy Tomlinson menciptakan program email untuk arpanet sekaligus pencipta icon "@"
·         tahun 1973 program arpanet mulai dikembangkan keluar Amerika Serikat
·         ide internet pertama kali merupakan gagasan ahli komputer yaitu Vinton cerf dan Bob Kahn
·         tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan IRC atau International Relay Chat.
·         tahun 1990 Tim Bernes Lee menemukan program penjelajah (browser) program ini disebut WWW (world wide web)
·         tahun 1994 situs internet mencapai 3000 alamat dan tahun tersebut adalah kelahiran Yahoo!
·         internet memiliki pengertian yang tidak terbatas
·         semua orang bisa mendefenisikan internet sesuai dengan perspektif (sudut pandang) masing-masing sesuai apa yang dirasakan setelah menggunakan internet.
·         internet memiliki 3 unsur yaitu komputer, telekomunikasi dan server
·         manusia sebagai real user adalah operator dari internet.
·         pengguna internet didunia saat ini mencapai 34 persen atau setara 24 miliar dari penduduk dunia
·         220 fasilitas internet yang dirangkum di makalah ini antara lain  : world wide web (www), Electronic Mail (E-mail), Telnet, File Transfer Protocol (FTP), Gopher, Internet Relay Chat (IRC), E-Commercer, Remote Login, E-Banking, E-Government, E-Learning, Search Engine, Game Online, Jejaring Sosial dan Media sosial, Direktori, Forum Diskusi, BLog, dan Multimedia Streaming (youtube), Video call, SMS internet, dan E-Card (Kartu Ucapan Elektronik)


DAFTAR PUSTAKA
·        
          

 Ardiansyah, R. 2014. Internet, sejarah dan fasilitasnya. (1) MAKALAH TENTANG INTERNET | RAMDANI ARDIANSYAH - Academia.edu diakses pada 14 April 2018.
Basic Info Internet : "Internet." Britannica School. Encyclopædia Britannica, Inc., 2014. Web. <http://library.eb.com.vlib.interchange.at/levels/referencecenter/article/1458>  dari www.academia.edu diakses pada tanggal 14 April 2018 
      Daryanto, 2006. Memahami Kerja Internet, Bandung : Penerbit Yrama Widya, Hal: 9-13, 22-24.
Jasmadi, 2004. Panduan Praktis Menggunakan Fasilitas Internet : surfing, email, sms, chatting, E-card, dan Download : Yogyakarta, Penerbit Andi, Hal : 7, 173-192.  
·       Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 1 no.1 desember 2012 hal 11
http://balitbang.kominfo.go.id/balitbang/bbppki-medan/files/2013/01/Jurnal-Teknologi-Informasi-dan-Komunikasi-Vol.-1-Tahun-012.pdf yang diakses dari www.academia.edu pada tanggal 14 April 2018


Lestari, Sri. 2014, MODUL TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI : SMA NEGERI 2 SELONG , KELAS IX SEMESTER 1: halaman 1-3 http://sman2selong.net/downloadmateri/downloadtik.php?id=11 yang diakses dari www.academia.edu pada tanggal 14 April 2018
 Soetdjo, Jhon, 2007. Jurus Kilat Mahir Internet : Dari Nol Hingga jago Dalam Hitungan Menit, Jakarta Timur: Penerbit  Dunia Komputer, Hal : 3-7, 19-21, 97-105.
·        

Komentar

Postingan Populer